Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Sandi Pastikan UMKM Parekraf Mudah Dapat Bantuan Permodalan

Senin 25 Jan 2021 23:51 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno

Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Menparekraf ingin ada solusi atas keluhan para pelaku UMKM Parekraf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Memparekraf) Sandiaga Uno ingin memastikan proses bantuan permodalan dari perbankan tersebut nantinya tidak dibuat berbelit-belit dan agunannya tidak perlu ditambah. Hal tersebut sebagai solusi atas keluhan para pelaku UMKM pariwisata dan ekonomi kreatif yang mengalami kesulitan akses pada permodalan.

"Biasanya UMKM selalu yang terpojok kalau sedang terjadi krisis seperti sekarang. Padahal pariwisata adalah pencetak devisa terbesar bangsa ini. Bukan manufaktur, bukan usaha-usaha besar, tapi justru usaha-usaha kecil di pariwisata," kata Sandiaga.

Dia mengaku tengah berdiskusi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membantu mempermudah akses permodalan. Dia mengupayakan agar nasabah juta tidak perlu menambah lagi agunannya namun mendapatkan proses yang tidak berbelit-belit

Baca Juga

Sandiaga mengatakan, bantuan permodalan dari perbankan sangat penting diberikan langsung kepada pelaku UMKM paterkaf agar mereka bisa memulai lagi usahanya paska pandemi. Mantan Ketua Umum HIPMI ini menambahkan, bantuan akses permodalan merupakan bagian dari upaya Kemenparekraf memfasilitasi pelaku UMKM parekraf yang telah berkontribusi dalam menciptakan lapangan kerja serta menjaga keberlanjutan lingkungan.

"Kami ingin usaha-usaha yang telah menciptakan banyak lapangan kerja apalagi mengedepankan pariwisata yang berkelanjutan dapat terfasilitasi dengan baik sehingga bisa segera bangkit dari masa sulit ini," kata Sandiaga.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA