Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

Mantan Jubir Trump Calonkan Diri Jadi Gubernur Arkansas

Senin 25 Jan 2021 17:58 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih

Sarah Sanders dikabarkan telah mencalonkan diri sebagai gubernur Arkansas. Ilustrasi.

Sarah Sanders dikabarkan telah mencalonkan diri sebagai gubernur Arkansas. Ilustrasi.

Foto: EPA
Sarah Sanders dikabarkan telah mencalonkan diri sebagai gubernur Arkansas

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Mantan kepala juru bicara Donald Trump, Sarah Sanders, dikabarkan telah mencalonkan diri sebagai gubernur negara bagian Arkansas. Hal itu diungkapkan oleh sebuah sumber yang tidak bersedia menyebutkan jati dirinya kepada Associated Press pada Ahad (24/1) malam waktu setempat.

Menurut sumber tersebut, Sanders berencana mengumumkan pencalonannya pada Senin (25/1) waktu setempat. Sanders sebagai mantan sekretaris pers Gedung Putih meluncurkan pencalonannya kurang dari sepekan setelah berakhirnya masa kepresidenan Trump dan juga saat mantan presiden menghadapi persidangan pemakzulan.

Sanders mencalonkan diri di negara bagian yang sangat merah, yang berarti Partai Republik cenderung merangkul mantan presiden. Sebagai putri mantan gubernur Mike Huckabee, Sanders secara luas memang diharapkan mencalonkan diri setelah meninggalkan Gedung Putih. Trump juga secara terbuka mendorong dia untuk pencalonan itu.

Seperti dilansir laman Channel News Asia, Sanders bergabung dengan pemilihan pendahuluan Partai Republik. Pemilihan pendahuluan itu sudah mencakup dua pemimpin terpilih di seluruh negara bagian, Letnan Gubernur Tim Griffin dan Jaksa Agung Leslie Rutledge.

Ketiganya mencalonkan diri untuk menggantikan Gubernur saat ini Asa Hutchinson, seorang politikus partai Republik yang tidak dapat mencalonkan diri tahun depan karena batasan masa jabatan. Tidak ada Demokrat yang mengumumkan tawaran untuk mencalonkan diri.

Sanders adalah seorang ibu pekerja dan perempuan ketiga yang menjabat sebagai sekretaris pers Gedung Putih. Namun dia juga menghadapi pertanyaan tentang kredibilitasnya selama menjabat sebagai juru bicara utama Trump.

Selama hampir dua tahun masa jabatannya sebagai juru bicara utama Trump, pengarahan televisi harian yang dipimpin oleh sekretaris pers berakhir setelah Sanders berulang kali berdebat dengan wartawan yang secara agresif menanyakan tentang kebijakan pemerintah dan penyelidikan kemungkinan koordinasi antara kampanye Trump dan Rusia. Kendati demikian, Sanders mendapatkan rasa hormat dari reporter yang bekerja di belakang layar untuk mengembangkan hubungan dengan media.

Keluarnya Trump yang penuh gejolak dari kursi kepresidenan mungkin hanya berdampak kecil pada Sanders di Arkansas. Partai Republik memegang semua kursi di seluruh negara bagian dan federal Arkansas serta mayoritas yang kuat di kedua kamar Badan Legislatif.

Griffin dan Rutledge telah mengumpulkan lebih dari 2,8 juta dolar AS dalam kampanye yang bisa menjadi lebih ramai. Senator negara bagian dari partai Republik, Jim Hendren, yang juga merupakan keponakan Hutchinson sedang mempertimbangkan untuk mencalonkan diri.

Tetap saja, Sanders yang pernah menerbitkan buku dan menjadi kontributor Fox New merupakan kandidat dengan profil tertinggi untuk menjabat Gubernur Arkansas. Meski, dia tetap dikenal di banyak masalah terbesar negara bagian.

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA