Saturday, 2 Zulqaidah 1442 / 12 June 2021

Saturday, 2 Zulqaidah 1442 / 12 June 2021

Koeman Puji Perkembangan Kemampuan De Jong

Senin 25 Jan 2021 16:48 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Ekspresi gelandang Barcelona Frenkie De Jong usai menjebol gawang Elche.

Ekspresi gelandang Barcelona Frenkie De Jong usai menjebol gawang Elche.

Foto: EPA-EFE/Manuel Lorenzo
Frenkie De Jong mencetak gol dan assist saat Barcelona mengalahkan Elche 2-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang timnas Belanda Frenkie de Jong menjadi inspirator kemenangan Barcelona atas Elche pada jornada ke-20 La Liga Spanyol, Ahad (24/1) malam WIB. Dalam laga tersebut, De Jong terlibat langsung dalam semua gol Barcelona. Ia mencetak satu gol dan membuat satu assist saat Blaugrana menekuk Elche 2-0 di Stadion Martinez Valero, Elx.

Gelandang berusia 23 tahun itu membawa Blaugrana unggul saat laga memasuki menit ke-39 lewat sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalti. Tidak berhenti sampai di situ, De Jong juga menjadi arsitek dalam gol pamungkas Barcelona. Umpan lambungnya ke jantung pertahanan Elche mampu disambar Riqui Puig pada menit ke-89. 

Baca Juga

Ini menjadi gol ketiga dan assist keempat De Jong dari 19 penampilan di pentas La Liga musim ini. Secara keseluruhan, De Jong telah mengemas empat gol dan tiga assist dari 24 kesempatan tampil di semua ajang pada musim ini. 

Sejak direkrut dari Ajax Amsterdam pada musim lalu, De Jong secara perlahan menjadi andalan baru di lini tengah Barcelona. Jebolan akademi sepak bola Ajax Amsterdam itu bahkan tidak pernah absen di La Liga musim ini. 

De Jong juga kian piawai melihat celah di lini belakang tim lawan dan mencetak gol. Padahal, De Jong diketahui mengawali karier sebagai gelandang bertahan. 

Di Barcelona, De Jong kini bisa ditempatkan sebagai gelandang tengah. Perkembangan kemampuan De Jong ini mendapatkan pujian langsung dari pelatih Barcelona, Ronald Koeman. Dengan kemampuan barunya itu, De Jong dinilai meningkatkan kualitas performa Barcelona, terutama dari sektor serangan. 

Kemampuan inilah, kata Koeman, yang dibutuhkan Barcelona, terutama saat para penggawa di lini serang mengalami kebuntuan. 

"Kami mungkin...

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA