Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Gunung Es Terbesar di Dunia Tabrak Dasar Laut Dangkal

Selasa 26 Jan 2021 00:29 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Gunung es.    (ilustrasi)

Gunung es. (ilustrasi)

Foto: AP
Gunung es itu terbagi dalam dua bagian dengan ukuran sepanjang 18 km dan 135 km.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Badan Antariksa Eropa (ESA) mencatat bahwa baru-baru ini gunung es terbesar di dunia telah terpecah jadi dua bagian. Dilansir dari Earth Sky pada Senin (25/1), gunung es dengan kode A-68A itu terbelah dalam dua bagian setelah mengalami benturan di wilayah Georgia Selatan. Hal itu terjadi karena gunung es terbawa arus hingga akhirnya membentur dasar laut dangkal di Georgia Selatan.

Dengan kejadian ini, maka gunung es itu terbagi dalam dua bagian dengan ukuran sepanjang 18 kilometer dan 135 kilometer. Saat ini, kedua bagian itu pun masih terbawa arus di sekitar Georgia Selatan.

Hal itu sekaligus mengindikasikan bahwa gunung es yang kini berganti nama menjadi A-68B dan A-68C itu boleh jadi akan kembali mengalami benturan dalam waktu dekat ini.

Hal itu pun membuat sejumlah ilmuwan khawatir akan nasib anjing laut dan pinguin di sekitaran Goergia Selatan. Karena, kedua gunung es itu tengah kembali mengarah ke bagian laut dangkal dan berpotensi untuk terjebak di kawasan tersebut.

Jika hal itu terjadi, bisa jadi akan ada sejumlah pinguin dan anjing laut yang akan terkepung dan mengalami kesuilitan untuk kembali ke bagian laut yang lebih dalam. Otomatis, hal itu akan membuat hewan-hewat tersebut kesulitan untuk mencari makan.

Selain itu, jika sampai gunung es itu terjebak, maka kemungkinan gunung es itu berpotensi untuk menetap di pesisir Georgia Selatan selama sekitar 10 tahun. Jika hal itu terjadi, maka fenomena ini sekaligus akan mempegaruhi ekosistem di dasar laut seitar Georgia Selatan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA