Senin 25 Jan 2021 15:48 WIB

Ganjaran Allah Bagi Mereka yang Sholat Sunnah 4 Rakaat

Rasulullah SAW melakukan sholat sunnah empat rakaat sebelum sholat ashar.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Ganjaran Allah Bagi Mereka yang Sholat Sunnah 4 Rakaat
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ganjaran Allah Bagi Mereka yang Sholat Sunnah 4 Rakaat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain ibadah wajib, Muslim juga dianjurkan melakukan ibadah sunnah, seperti sholat sunnah. KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha mengatakan Rasulullah SAW melakukan sholat sunnah empat rakaat sebelum sholat ashar.

“Rasulullah melakukan itu, dengan dipisah, dua rakaat salam dan dua rakaat salam,” kata Gus Baha dalam video bertajuk Arwah pun Berebut Doa yang Dilantunkan Manusia di kanal Youtube Santri Gayeng.

Baca Juga

Dalam riwayat Thabrani disebutkan barang siapa yang mengerjakan sholat sunnah empat rakaat sebelum sholat ashar, maka niscaya Allah mengharamkan tubuhnya disentuh api neraka. Imam Kholil ar-Rasyidi mengambil dari kitab Al-Mutjar ar-Rabih disebutkan dalam hadits Imam Muslim, "Tidaklah seorang hamba mengerjakan sholat (rawatib) 12 rakaat hanya karena Allah dalam setiap harinya, melainkan Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga."

Dalam riwayat lain, sholat 12 rakaat tadi adalah empat rakaat sebelum sholat zuhur dan dua rakaat setelah sholat zuhur. "Dua rakaat sesudah sholat maghrib dan isya dan dua rakaat sebelum sholat subuh,” (HR at-Tirmidzi).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement