Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Australia Gelontorkan Rp 10,8 T Kembangkan Angkatan Lautnya

Senin 25 Jan 2021 15:30 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Christiyaningsih

 Kapal perang tercanggih Australia HMAS Brisbane memiliki kapabilitas peluru kendali.

Kapal perang tercanggih Australia HMAS Brisbane memiliki kapabilitas peluru kendali.

Foto: ABC News/Rachel Riga
Pengembangan angkatan laut Australia termasuk untuk rudal dan torpedo jarak jauh

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY — Pemerintah Australia mengeklaim akan menghabiskan dana sekitar 1 miliar dolar Australia atau sekitar Rp 10,8 triliun untuk mengembangkan kemampuan persenjataan angkatan laut baru. Pengembangan itu termasuk di antaranya adalah rudal dan torpedo jarak jauh.

Menurut pernyataan otoritas Australia, peningkatan alutsista itu merupakan bagian dari pertahanan besar-besaran di tengah persaingan dan ketegangan regional. Negeri Kanguru itu juga berencana untuk memberikan angkatan lautnya rudal anti-kapal jarak jauh yang canggih, rudal permukaan-ke-udara jarak jauh, torpedo ringan canggih, dan kemampuan serangan darat maritim untuk "memproyeksikan dan memelihara kendali laut".

"Kemampuan baru ini akan memberikan pencegah yang kuat dan kredibel yang akan menjamin stabilitas dan keamanan di kawasan," kata Menteri Pertahanan Linda Reynolds dikutip The Straits Times, Senin (25/1).

Pengeluaran tersebut merupakan bagian dari peningkatan anggaran pertahanan yang diumumkan sebelumnya untuk waktu-waktu mendatang. Sejauh ini, Australia masih berusaha untuk mengalihkan fokus militernya ke kawasan Indo-Pasifik di tengah hubungan yang memburuk dengan China.

Pemerintah menyebut akan menyediakan rudal anti-kapal dan permukaan-ke-udara dengan jangkauan lebih dari 370 kilometer dan rudal serangan darat maritim dengan jangkauan 1.500 kilometer untuk meningkatkan perlindungan sumber daya dan perbatasan maritim. Selain dari menahan musuh dari jarak yang jauh lebih jauh.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA