Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Solskjaer: Fernandes Selalu Berlatih Eksekusi Bola Mati

Senin 25 Jan 2021 13:53 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Eksekusi tendangan bebas Bruno Fernandes (kiri) yang menjebol gawang Liverpool di Piala FA.

Eksekusi tendangan bebas Bruno Fernandes (kiri) yang menjebol gawang Liverpool di Piala FA.

Foto: EPA-EFE/Phil Noble
Fernandes memang mempersiapkan diri sebagai eksekutor.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer harus mengakui Bruno Fernandes mengikuti jejaknya. Pada 1999, Solskjaer masuk sebagai pemain cadangan saat lawan Liverpool di Piala FA, dan membawa kemenangan untuk MU. Fernandes membuktikan dirinya faktor penentu kemenangan United, dengan tendangan bebasnya pada menit 76.

Mendapatkan tendangan bebas dari jarak yang dekat dengan kotak penalti, Fernandes melesatkan tendangan keras kaki kanan ke sisi kiri kiper Alisson Becker. Bola pun tepat mengarah ke pojok gawang tanpa bisa dihalau Alisson. Solskjaer pun tak terkejut pemain internasional Portugal itu mencetak gol dari tendangan bebas.

Ia mengungkapkan, Fernandes selalu berlatih tendangan bebas, bahkan sehari sebelum pertandingan ini. Solskjaer mengatakan, Fernandes tetap di lokasi latihan selama 45 menit setelah sesi berakhir, untuk melakukan tendangan bebas. Walaupun, itu dilakukan Fernandes karena tahu ia tidak masuk starting line-up dalam pertandingan di Old Trafford dini hari tadi.

Hal itu karena Solskjaer menegaskan tak akan membolehkan Fernandes latihan berlebihan jika dimainkan sejak awal. ''Gol yang luar biasa, tendangan bebas yang bagus. Saya sangat yakin dia akan mencetak gol (lewat tendangan bebas),'' ujar Solskjaer, dikutip dari laman resmi MU, Senin (25/1).

Fernandes mengaku dirinya memang kerap diusir Solskjaer untuk berhenti latihan. Ia mengaku selalu berlatih untuk situasi tendangan bebas. Pria kelahiran Maia, Portugal itu, mengatakan belajar dari Juan mata, yang dianggapnya sebagai spesialis tendangan bebas. Ia mengungkapkan selalu menghabiskan waktu bersama Mata untuk belajar dari seniornya itu. Kadang-kadang, Alex Telles, Marcus Rashford, dan Fred bergabung dalam latihan itu.

''Tentu saja jika Juan (Mata) dan Alex (Telles) ada di lapangan, itu jadi kesempatan untuk mereka, lebih ke sisi kanan. Saya pikir kami punya spesialis tendangan bebas yang bagus,'' ungkap Fernandes.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA