Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Pemprov DKI akan Mulai Gunakan TPU Rorotan Awal Februari

Senin 25 Jan 2021 12:34 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Ratna Puspita

Lahan yang akan dijadikan lokasi pemakaman khusus Covid-19 di Rorotan, Jakarta Utara.

Lahan yang akan dijadikan lokasi pemakaman khusus Covid-19 di Rorotan, Jakarta Utara.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
TPU Rorotan mengutamakan pemakaman jenazah Covid-19 Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus mempersiapkan lahan pemakaman khusus jenazah Covid-19 di TPU Rorotan Jakarta Utara. Rencananya, TPU tersebut akan mulai digunakan pada awal Februari 2021.

"Rencana minggu pertama Februari mulai diopsikan ke sana (TPU Rorotan)," kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Ivan Nurcahyo saat dihubungi, Senin (25/1).

Ivan mengatakan, penggunaan TPU Rorotan untuk mengimbangi kapasitas di TPU Bambu Wulung yang sudah mulai digunakan sejak Jumat (22/1) lalu. Dia mengatakan, TPU Rorotan mengutamakan pemakaman jenazah Covid-19 Muslim.

Baca Juga

"Iya (diutamakan untuk pemakaman jenazah Covid-19) muslim," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI mempersiapkan TPU Rorotan sebagai lahan pemakaman khusus jenazah Covid-19. Pada tahap pertama ini, jelas Ariza, Pemprov DKI menyiapkan sekitar 1.500 petak makam.

 

"Prinsipnya kita akan menyiapkan kurang lebih 1.500 di tahap satu dan itu dalam waktu dekat ini sudah siap," kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (20/1).

 

Meski demikian, Ariza menuturkan, pihaknya masih memprioritaskan keterisian lahan di sejumlah TPU lainnya. Di antaranya seperti TPU Srengseng Sawah dan Tanah Kusir.

 

Menurut dia, jika lahan di lokasi-lokasi tersebut telah terisi penuh, Pemprov DKI Jakarta akan menggunakan TPU Rorotan untuk pemakaman jenazah Covid-19.

 

"Tapi kan masih ada, kita masih memprioritaskan menyelesaikan tempat makam yang masih tersisa di daerah-daerah lain masih ada di beberapa titik. Di Srengseng, di Tanah Kusir, di tempat lain nanti baru kita coba masuk ke Rorotan," ucap dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA