Senin 25 Jan 2021 02:30 WIB

Peneliti: Anak Muda Perlu Lebih Melek Energi Terbarukan

Anak muda diharap dapat berperan aktif dalam pengembangan energi terbarukan.

Ilustrasi.
Foto: dok pln
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Peneliti Senior Laboratorium Teknik Sistem Termal dan Energi Terbarukan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Ropiudin mendorong anak muda lebih melek energi terbarukan. Mereka menurutnya memiliki peran strategis dalam pengembangannya.

"Anak muda perlu lebih melek isu energi terbarukan sehingga dapat berperan aktif dan terjun langsung dalam pengembangan energi terbarukan pada masa yang akan datang," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Ahad (25/1).

Ketua Bidang Riset Aliansi Dosen Nahada Jateng-DIY tersebut menambahkan bahwa sektor energi terbarukan memerlukan lebih banyak wirausaha muda yang dapat menjadi harapan penggerak masa depan.

"Pencarian bibit-bibit unggul inovator dan wirausaha muda pada sektor energi terbarukan perlu terus dilakukan. Kiprah anak muda akan mendorong terjadinya perubahan, termasuk perubahan yang diharapkan terjadi di tingkat pengambil kebijakan," katanya.

Dengan demikian, kata dia, diharapkan dapat mendukung upaya untuk memenuhi target bauran energi terbarukan sebesar 23 persen dari bauran energi nasional pada 2025.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata dia, maka sosialisasi dan promosi secara masif tentang potensi dan pemanfaatan energi terbarukan harus terus diintensifkan.

Sosialisasi tersebut, kata dia, dapat berupa pengembangan dan perluasan jangkauan media informasi mengenai energi terbarukan. Menurut dia sosialisasi sangat penting dilakukan untuk mendukung pengembangan dan penerapan energi terbarukan pada 2021.

"Dengan demikian, topik energi terbarukan akan menjadi topik yang makin familiar di tengah masyarakat, termasuk di kalangan anak muda," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement