Senin 25 Jan 2021 05:15 WIB

Keamanan Israel Tetap Jadi Fokus Pemerintahan Joe Biden

AS akan berkonsultasi erat dengan Israel tentang semua masalah keamanan regional.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Keamanan Israel Tetap Jadi Fokus Pemerintahan Joe Biden. Presiden Amerika Serikat Joe Biden.
Foto: EPA-EFE/Al Drago
Keamanan Israel Tetap Jadi Fokus Pemerintahan Joe Biden. Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan melakukan pembicaraan dengan Penasihat Keamanan Nasional Israel Meir Ben Shabbat, Sabtu (23/1). Pada kesempatan itu, Sullivan menegaskan komitmen pemerintahan Presiden Joe Biden terhadap keamanan Israel.

"Mereka membahas peluang meningkatkan kemitraan selama beberapa bulan mendatang, termasuk dengan membangun keberhasilan pengaturan normalisasi Israel dengan Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Sudan, dan Maroko," kata Gedung Putih dalam keterangannya yang dirilis, Ahad (24/1).

Baca Juga

Sullivan mengatakan AS akan berkonsultasi erat dengan Israel tentang semua masalah keamanan regional. "Dia (Sullivan) juga menyampaikan undangan memulai dialog strategis dalam waktu dekat untuk melanjutkan diskusi substantif," kata Gedung Putih.

Pekan lalu, Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit berharap pemerintahan Joe Biden bakal mengubah kebijakan Timur Tengahnya. Ia secara khusus menyinggung tentang penyelesaian konflik Israel-Palestina.

Gheit mengungkapkan, upaya pencapaian solusi dua Israel-Palestina telah termarginalkan oleh mediator utama dalam konflik. Pernyataannya mengacu kepada AS di bawah pemerintahan mantan presiden Donald Trump.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement