Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Keamanan Israel Tetap Jadi Fokus Pemerintahan Joe Biden

Senin 25 Jan 2021 05:15 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah

Keamanan Israel Tetap Jadi Fokus Pemerintahan Joe Biden. Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Keamanan Israel Tetap Jadi Fokus Pemerintahan Joe Biden. Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Foto: EPA-EFE/Al Drago
AS akan berkonsultasi erat dengan Israel tentang semua masalah keamanan regional.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan melakukan pembicaraan dengan Penasihat Keamanan Nasional Israel Meir Ben Shabbat, Sabtu (23/1). Pada kesempatan itu, Sullivan menegaskan komitmen pemerintahan Presiden Joe Biden terhadap keamanan Israel.

"Mereka membahas peluang meningkatkan kemitraan selama beberapa bulan mendatang, termasuk dengan membangun keberhasilan pengaturan normalisasi Israel dengan Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Sudan, dan Maroko," kata Gedung Putih dalam keterangannya yang dirilis, Ahad (24/1).

Sullivan mengatakan AS akan berkonsultasi erat dengan Israel tentang semua masalah keamanan regional. "Dia (Sullivan) juga menyampaikan undangan memulai dialog strategis dalam waktu dekat untuk melanjutkan diskusi substantif," kata Gedung Putih.

Baca Juga

Pekan lalu, Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit berharap pemerintahan Joe Biden bakal mengubah kebijakan Timur Tengahnya. Ia secara khusus menyinggung tentang penyelesaian konflik Israel-Palestina.

Gheit mengungkapkan, upaya pencapaian solusi dua Israel-Palestina telah termarginalkan oleh mediator utama dalam konflik. Pernyataannya mengacu kepada AS di bawah pemerintahan mantan presiden Donald Trump.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA