Ahad 24 Jan 2021 22:34 WIB

Lapangan KLD Tambah Produksi PHE ONWJ

Dari proyek itu ditargetkan peningkatan produksi gas sebesar 16 MMscfd.

Rep: inta/ Red: Gita Amanda
Pertamina
Foto: borneomagazine.com
Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) merampungkan proyek di Lapangan KLD dan telah onstream pada awal tahun ini. Dari proyek itu ditargetkan peningkatan produksi gas sebesar 16 MMscfd.

Direktur Pengembangan dan Produksi PHE, Taufik Aditiyawarman mengatakan proyek itu berhasil diselesaikan lebih cepat sekitar 3 bulan dari target yang ditetapkan.

Adapun, lapangan proyek KLD yang berlokasi di lepas pantai utara Jawa Barat diselesaikan dengan skema PSC gross split. Sejak dimulai pada April 2019, proyek KLD telah melalui beberapa tahapan di antaranya fabrikasi di lapangan handil, load out & sail away di pertengahan Juli 2020, instalasi offshore, kegiatan pengeboran, hookup dan commissioning dan start up.

Lapangan KLD telah mulai mengalirkan gas sejak Desember 2020. Pada awal Januari, PHE ONWJW telah menyelesiakan periode performance test sesuai dengan parameter operasi produksi. Dari lapangan ini, ditargetkan prodproyuksi gas sebesar 16 MMscfd pada periode puncak produksi.

"Produksi dari lapangan KLD akan digunakan seluruhnya untuk kepentingan dalam negeri," ujar Taufik, Ahad (24/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement