Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Vaksinasi Nakes Tiga Daerah Awal di Jateng Capai 54,6 Persen

Ahad 24 Jan 2021 21:27 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Petugas medis menyuntikan Vaksin Sinovac kepada penerima vaksin saat Vaksinasi COVID-19 tahap pertama di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno, Solo, Jawa Tengah, Kamis (14/1/2021). Kota Solo menerima 10.620 dosis vaksin Sinovac untuk tenaga kesehatan dan mulai melakukan vaksinasi tahap pertama di 33 fasilitas kesehatan (Faskes) yang terdiri dari 17 Puskesmas, satu Klinik Bhayangkara dan 14 rumah sakit yang tersebar di Kota Solo.

Foto:
Sampai dengan ahad, 19.790 nakes telah jalani vaksinasi Covid-19

Masih terkait dengan vaksinasi, lanjut Yuli, Provinsi Jawa Tengah juga telah menerima tambahan vaksin Covid-19 sebanyak 248.600 dosis. Ratusan ribu vaksin produksi Sinovac itu bakal diperuntukkan bagi 122.617 nakes.

Rencananya, pada Senin besok juga bakal dilaksanakan pencanangan vaksinasi serentak, di 31 kabupaten/ kota di Jawa Tengah. Vaksin yang telah diterima Sabtu (23/1) dini hari merupakan pengiriman termin kedua dari tahap pertama vaksinasi Covid-19 untuk nakes.

Ratusan ribu dosis vaksin tersebut, sejak hari Sabtu kemarin telah didistribusikan ke kabupaten/ kota yang belum menerima vaksin Covid-19. Diharapkan seluruh proses distribusi tersebut sudah selesai semuanya.

“Berdasarkan laporan yang masuk di Dinkes Provinsi Jawa Tengah, emang tinggal beberapa kabupaten atau kota saja, tapi harapannya sudah bisa diselesaikan pada hari ini juga,” tambahnya.

Ia menambahkan, berdasarkan surat edaran dari Sekda Provinsi Jawa Tengah, pada hari Senin akan dilakukan pencanangan vaksinasi. Yang pertama kali disuntik adalah Forkopimda dan tokoh masyarakat di daerah sebelum pelaksanaan vaksinasi kepada para nakes.

Untuk pencanangan, maksimal 10 orang untuk divaksin pertama kali, yang terdiri atas bupati atau walikota, ketua DPRD, Dandim, Kapolres, Kajari, Kadinkes, tokoh agama, tokoh kesehatan dan tokoh masyarakat. Setelah itu baru dilanjutkan dengan nakes di daerah masing- masing.

 

Pada pencanangan vaksinasi serentak akan diikuti 31 kabupaten/ kota. Sementara untuk Kabupaten Wonogiri, akan melakukan vaksinasi awal di hari Selasa (26/1). “Sementara, tiga wilayah (Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kota Surakarta) telah mencanangkan vaksinasi di termin pertama tahap satu, pada 14 Januari lalu,” ucap Yuli.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA