Ahad 24 Jan 2021 14:21 WIB

Percayai Ramuan Ajaib, Menkes Tetap Positif Covid-19

Menkes Sri Lanka meminum ramuan yang diklaim anti-corona tapi tetap positif Covid-19

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Ilustrasi bendera Sri Lanka
Foto: tangkapan layar World Atlas
Ilustrasi bendera Sri Lanka

REPUBLIKA.CO.ID, KOLOMBO - Menteri Kesehatan (Menkes) Sri Lanka Pavithra Wanniarachchi dinyatakan positif terinfeksi virus corona baru atau Covid-19, Sabtu (23/1). Dia dikabarkan akan mengisolasi diri.

Wanniarachchi telah secara terbuka mendukung perdukunan hingga ramuan ajaib untuk melawan virus corona. Dia mengonsumsi ramuan ajaib yang kemudian diturunkan mengandung madu dan pala yang diproduksi oleh seorang ahli sihir. Si pembuat mengeklaim ramuan tersebut berfungsi sebagai inokulasi seumur hidup untuk melawan virus.

Baca Juga

Dia juga menuangkan sepanci air yang "diberkati" ke sungai pada November setelah seorang ulama mengatakan kepadanya bahwa itu akan mengakhiri pandemi. Negara pulau berpenduduk 21 juta pada Jumat (22/1) menyetujui penggunaan darurat vaksin yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford hanya beberapa jam setelah Wanniarachchi dinyatakan positif.

"Tes antigennya kembali positif pada Jumat dan dia telah diminta untuk mengisolasi dirinya sendiri," kata seorang pejabat kementerian kesehatan dikutip laman Strait Times, Sabtu (23/1)

"Semua kontak langsungnya telah dikarantina," ujarnya menambahkan. Seorang menteri muda yang juga meminum ramuan yang dipopulerkan oleh Wanniarachchi dinyatakan positif terkena virus awal pekan ini.

Dokter di negara pulau itu mengatakan tidak ada dasar ilmiah untuk ramuan berbentuk sirup tersebut dan tidak ada obat yang diketahui untuk Covid-19. Namun ribuan orang menentang pembatasan pertemuan publik untuk membanjiri sebuah desa di Sri Lanka tengah bulan lalu demi mendapatkan ramuan yang dibuat oleh tukang kayu Dhammika Bandara.

Anggota keluarga politisi lain, yang berasal dari desa Bandara, juga terinfeksi setelah meminum sirup tersebut. Media pro-pemerintah mempublikasikan secara luas kepada orang suci itu, yang mengeklaim bahwa formula itu diturunkan kepadanya oleh Kali, dewi kematian dan kehancuran Hindu.

Namun pemerintah sejak itu berusaha keras untuk menjauhkan diri dari Bandara, yang persiapannya telah disetujui sebagai suplemen makanan oleh unit resmi obat asli. Sri Lanka berada dalam cengkeraman gelombang virus corona dengan jumlah kasus dan kematian melonjak dari 3.300 dan 13 pada awal Oktober menjadi hampir 57 ribu infeksi dan 278 kematian pekan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement