Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Banyuasin dan OKI Terima Bantuan Lampu Jalan Tenaga Surya

Ahad 24 Jan 2021 14:03 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Pimpinan komisi VII DPR RI, Alex Noerdin saat berkunjung ke pondok pesantren Bait Al-Qur’an yang diterima langsung ketua pembina, H Ishak Mekki untuk meresmikan sumur bor dan PJUTS, Sabtu (23/1). Alex Noerdin menyebut sudah dibangun 600 titik lampu jalan Tenaga Surya di Sumsel

Foto:
Alex Noerdin menyebut sudah dibangun 600 titik lampu jalan Tenaga Surya di Sumsel

Lebih lanjut dikatakannya, untuk di wilayah pondok pesantren ini, memang menjadi prioritasnya karena masih banyak yang kesulitan untuk mendapatkan akses listrik dan air bersih. Diharapkannya, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan serta dijaga penggunaanya dengan baik.

“Selain lampu jalan, pondok pesantren Bait Al-Qur’an ini juga dibantu sumur bor, karena di wilayah ini memang masih sulit untuk akses air bersih, sementara sangat di butuhkan oleh para santri. Program ini merupakan kemitraan antara Komisi VII DPRI RI bersama kementrian ESDM, dan tahun ini akan kembali dilanjutkan, jadi nanti kita akan tambah di daerah-daerah yang masih kurang,”jelasnya.

Sementara itu, H Ishak Mekki selaku ketua dewan pembina pondok pesantren Bait Al-Qur’an menceritakan proses awal pembangunan pondok pesantren yang berlokasi ditengah-tengah perkebunan kelapa sawit miliknya ini. Menurutnya, pembangunan pesantren ini diwali dengan rasa peduli dan kekhawatiran dengan generasi anak muda saat dirinya masih menjabat sebagai bupati OKI.

“Proses pembangunan pesantren ini cukup panjang, sejak mulai dari rasa kekhawatiran saat itu dengan perkembangan anak-anak muda, dimana disaat itu juga adanya pemekaran OKI dan Ogan Ilir, sementara pesantren-pesantren yang sudah berdiri, banyak yang masuk di wilayah Ogan Ilir, jadi saya berinisitif untuk membangun pesantren ini secara pribadi. Awalnya juga sempat meminta masukan-masukan dari berbagai ustad termasuk juga ustad Yusuf Mansyur,”jelasnya. 

Seiring berjalannya waktu, pesantren ini masih terus dikelola dari keuntungan perkebunan sawit yang sudah  ada sejak dirinya menjabat kepala dinas PU kabupaten OKI. 

 

“Kalau kebun sawit ini sudah saya kumpulkan sejak dari pegawai, dengan niat membantu keluarga-keluarga yang sedang kesulitan lalu menjual lahan-lahan sawit ini. Alhamdulillah pesantren ini masih terus bisa berjalan hingga sekarang, dan sungguh luar biasa dan sangat mulia, pak Alex Noerdin juga bisa turut membantu pembangunan sumur bor dan lampu jalan. Pesantren ini betul-betul sangat membutuhkan air bersih, dan kami sangat berterima kasih,” ungkapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA