Ahad 24 Jan 2021 12:03 WIB

Harga Kopi di Jawa Barat Anjlok

Penjualan kopi pada jenis biji hijau atau green beans pun mengalami penurunan.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat Hendy Jatnika mengatakan, harga jual komoditas kopi di daerah Jawa Barat mengalami penurunan pada panen 2020.

Hal itu, kata dia, disebabkan lantaran efek pandemI Covid-19 yang membuat lesu harga jual komoditas kopi.

Sebagai contoh, ucap dia, biasanya tiap cherry kopi dibandrol dengan harga Rp10.000 per kilogram, kini justru turun menjadi di kisaran Rp5.000 per kilogram.

"Jadi komoditas kopi harga agak turun ya, kalau dari cherry harga misalnya Rp8.000 sampai dengan Rp10.000, tapi kemarin 2020 saat pandemi harga turun di kisaran Rp5.000 per kg," ucap Hendy belum lama ini.

Selain itu, kata dia, penjualan di biji kopi hijau atau green coffee beans pun mengalami penurunan. Misalnya, biji kopi hijau yang siap disangrai dengan proses pascapanen natural biasanya dibandrol dengan harga Rp120.000 per kilogram kini turun di harga Rp80.000 saja.

"Penjualannya kalau dulu mudah, sekali panen dijemur petani langsung habis dijual, kalau sekarang petani itu penjualannya agak lama tersendat," ucapnya.

Sektor hilir pelaku usaha di bidang kopi memang lesu. Sebut saja kedai kopi ataupun kafe-kafe banyak yang tutup sementara atau malah gulung tikar lantaran terkena efek pandemi.

Hal ini tentu berakibat pada penjualan biji kopi mentah di sektor hulu. Makanya, di akhir masa panen pada periode akhir tahun, stok beras kopi masih dimiliki petani lantaran sulit untuk dijual dalam partai besar.

"Sekarang kan masih belum panen nih kalau nanya ke kelompok petani memang ada stok, tapi dikit untuk langganan-langganan skala kafe saja. Bukan tidak terjual tapi prosesnya lama dan harganya turun. Itu memang di semua sektor seperti itu," tukasnya.

Bahkan, kata dia, ada beberapa kelompok tani yang mulai memproses kopi hingga ke hilir. Hendy mencontohkan beberapa petani kopi di kaki gunung Manglayang mulai menjual kopi hasil panennya dalam bentuk kopi sachet yang tinggal diseduh.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement