Ahad 24 Jan 2021 12:47 WIB

Seperempat Spesies Lebah Menghilang 20 Tahun, Ada Apa?

Aneka lebah sedang berjuang untuk mengatasi kombinasi ancaman lingkungan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Lebah madu kerdil (Apis florea) berada di dalam kotak di Oxbow Bojongsoang, Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu (21/10). Kegiatan budi daya lebah madu kerdil di kawasan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi serta sarana percontohan bagi masyarakat sekitar yang ingin memulai bisnis budi daya guna menambah penghasilan di tengah pandemi Covid-19. Foto: Abdan Syakura/Republika
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut sebuat survei baru  yang diterbitkan Jumat (22/1) di Jurnal One Earth, sekitar seperempat spesies lebah yang diketahui belum muncul dalam catatan publik selama lebih dari 20 tahun. Hilangnya catatan ilmiah bukalah bukti kepunahan.

“Dengan citizen scientist dan kemampuan untuk berbagi data, catatan meningkat secara eksponensial, tetapi jumlah spesies yang dilaporkan dalam catatan ini menurun,” kata penulis pertama, ahli biologi di Pollination Ecology Group dari Institute for Research on Biodiversity and Environment, Eduardo Zattara dalam rilis berita, seperti yang dilansir dari UPI, Ahad (24/1).