Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Cara Simpan Biji Kopi Sangrai yang Benar

Ahad 24 Jan 2021 10:25 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Biji kopi sangrai. Ilustrasi

Biji kopi sangrai. Ilustrasi

Foto: Alexas_Fotos from Pixabay
Biji kopi sangrai (roasted bean) bisa cepat basi jika tidak disimpan dengan benar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggemar kopi spesialti memilih menyimpan kopi dalam bentuk biji sangrai (roasted bean) karena kesegarannya. Namun, kesegaran itu, hanya bertahan sebentar jika tidak disimpan benar.

Berikut beberapa cara menyimpan biji kopi sangrai agar tidak cepat basi:

1. Simpan dalam Wadah Rapat
Biji kopi sangrai memiliki gas dan senyawa yang dapat terdegradasi bila terpapar udara. Semakin sering terpapar, unsur-unsur mempengaruhi rasa kopi itu bakal kian memudar. Karena itu simpanlah biji kopi di tempat tertutup rapat. 

Bila Anda memutuskan menyimpannya dalam kemasan sama saat membeli, pastikan mulut kantung dapat direkatkan lagi (sealed). Anda juga bisa menaruhnya di toples atau wadah lain yang bisa ditutup rapat.

2. Jauhkan dari Cahaya
Cahaya dapat mempercepat proses kedaluwarsa kopi. Khususnya sinar matahari. Jika Anda menyimpan kopi dalam toples transparan, sebaiknya masukan lagi ke dalam kotak atau kardus sehingga tidak terpapar cahaya.

3. Jangan Taruh di Kulkas
Hindari menaruh kopi di kulkas. Bagi sebagian orang ini dianggap dapat menunda kopi cepat basi. Menyimpan kopi di kulkas dapat membuatnya terkontaminasi dengan aroma menyengat dari makanan atau benda lain di dalamnya.

4. Jaga Tetap Kering
Jika Anda tidak bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara, setidaknya hindari menaruhnya di tempat lembap. Kelembapan dapat membuat kopi cepat apek.

Jika terpaksa harus menyimpan kopi dalam waktu lama, taruhlah di freezer untuk memperlambat proses kedaluwarsanya. Namun, jangan lupa menaruhnya di wadah kedap udara terlebih dahulu. Saat kopi hendak digunakan, keringkan sebanyak jumlah yang ingin segera diseduh.

Kesimpulannya ada tiga hal patut diingat agar biji kopi tidak gampang basi atau kedaluwarsa. Simpanlah dalam wadah gelap, kering, dan kedap udara.

sumber : The World Atlas of Coffee
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA