Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Anda Tim Bubuk Atau Biji Kopi?

Ahad 24 Jan 2021 08:46 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Bubuk dan biji kopi. Ilustrasi

Kopi bubuk dinilai lebih cepat apek ketimbang biji sangrai saat disimpan. Benarkah?

Salah satunya jangan menyimpan kopi bubuk dalam jumlah banyak. Misalnya 50-100 gram kopi untuk kebutuhan ngopi satu pekan. Perhatikan juga antara tanggal biji kopi disangrai dan digiling oleh penjual. Semakin dekat dengan waktu pemasakan (sangrai) kopi akan semakin segar.

Disarankan juga membeli kopi dalam bentuk gilingan agak kasar. Semakin halus bubuk kopi, potensi permukaannya terpapar udara juga kian besar. Itu menyebabkan kualitas rasanya berkurang lebih cepat.

Faktor lain yang tak kalah penting adalah cara menyimpan kopi bubuk. Prinsipnya sama dengan menyimpan kopi dalam bentuk biji. Untuk memperlambat proses oksidasi dan penguraian senyawa ke udara, hindarkan kopi dari paparan oksigen, suhu, dan cahaya.

Caranya dengan menyimpan kopi di dalam wadah kedap udara (toples misalnya), tidak terkena langsung cahaya atau wadah tertutup, dan hindari menyimpan di kulkas.  Jauhkan dari suhu ekstrem (terlalu panas atau dingin) dan kelembapan.  

Jadi, Biji Kopi Selalu Lebih Baik?
Bila melihat faktor-faktor tadi, menyimpan kopi dalam bentuk biji lebih dianjurkan. Meski saat menyeduh, ada faktor lain yang dapat mempengaruhi kenikmatannya. Salah satunya hasil gilingan.

Ketika digiling, biji kopi akan menjadi potongan-potongan kecil. Jika Anda menggunakan grinder (penggiling kopi) berkualitas buruk, hasil gilingan umumnya tidak sama rata atau kurang konsisten.

Ukuran bubuk tidak konsisten mempengaruhi ekstraksi saat diseduh. Beberapa senyawa dalam bubuk kopi akan terlarut tidak merata. Kopi yang dihasilkan juga bisa kurang maksimal rasanya.

Karena itulah, penyeduh kopi spesialti rumahan, dianjurkan membeli alat penggiling kopi yang baik. Kualitas gilingannya sebisa mungkin konsisten.

Melihat fakta itu, sangat memungkinkan, Anda yang membeli kopi bubuk dengan hasil gilingan baik, dapat merasakan secangkir kopi lebih nikmat ketimbang kopi biji yang digiling buruk. 

Jadi, Anda ada di tim mana. Kopi bubuk atau biji?

sumber : perfectdailygrind.com
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA