Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Tangsel Gandeng Kota Serang Tangani Masalah Sampah

Ahad 24 Jan 2021 06:12 WIB

Rep: Eva Rianti / Red: Andi Nur Aminah

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany

Foto: Republika/Eva Rianti
Hal itu dinilai menjadi salah satu upaya mencari solusi ihwal pengelolaan sampah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama (MoU) dengan Pemerintah Kota Serang terkait dengan pengelolaan sampah. Kesepakatan tersebut dinilai menjadi salah satu upaya dalam mencari solusi ihwal pengelolaan sampah, yang hingga saat ini masih menjadi masalah krusial di Kota Tangsel.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan, Tangsel masih memanfaatkan TPA Cipeucang yang berlokasi di Serpong, Tangsel sebagai lokasi tempat pembuangan akhir sampah. Sementara TPA tersebut dalam beberapa waktu ke depan disebut tidak bisa menampung sampah lagi, setelah diketahui mengalami jebol. 

“Sekarang kesepakatan dulu, nanti ada tahapan selanjutnya, yaitu perjanjian kerjasama,” ujar Airin dalam keterangannya, Sabtu (23/1). Dia menyebut nantinya akan ditentukan lebih lanjut terkait teknis pembuangan sampah tersebut. 

Baca Juga

Wali Kota Serang Syafrudin dalam keterangan resmi mengungkapkan, langkah awal nota kesepakatan tersebut akan bekerja sama saling membantu di bidang lingkungan hidup, khususnya pada bidang kebersihan. “Bahwa Kota Serang dapat membantu penampungan sampah dari Kota Tangerang Selatan, sementara Kota Tangerang Selatan membantu dalam sektor pendanaan karena dari sisi sarana dan prasarana TPAS Cilowong di Kota Serang masih banyak keterbatasan,” terangnya. 

Mengenai pengelolaan sampah tersebut, Syafrudin menuturkan, pihaknya akan memanfaatkan beberapa teknologi. Kesepakatan itu, lanjutnya, akan segera dibahas dengan pihaknya dan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.  

Dia menambahkan, setelah melakukan penandatangan nota kesepakatan, berlanjut melakukan penandatanganan nota perjanjian. “Nanti untuk teknis kerjasamanya belum bisa ditentukan. Jika berlanjut, maka akan ada nota perjanjian antara Pemkot Serang dan Pemkot Tangsel,” kata Syafrudin.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA