Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Bekap Cheltenham, City Melaju ke Putaran Kelima Piala FA

Ahad 24 Jan 2021 03:59 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ratna Puspita

Pemain Manchester City Phil Foden (kedua dari kiri) mencetak gol penyeimbang 1-1 selama pertandingan sepak bola putaran keempat Piala FA Inggris antara Cheltenham Town dan Manchester City di Cheltenham, Inggris, 23 Januari 2021.

Pemain Manchester City Phil Foden (kedua dari kiri) mencetak gol penyeimbang 1-1 selama pertandingan sepak bola putaran keempat Piala FA Inggris antara Cheltenham Town dan Manchester City di Cheltenham, Inggris, 23 Januari 2021.

Foto: EPA-EFE/Toby Melville
City sempat kesulitan meladeni permainan Cheltenham yang main di kasta keempat liga.

REPUBLIKA.CO.ID, CHELTENHAM -- Manchester City berhasil memastikan satu tempat di putaran kelima Piala FA usai menyingkirkan Cheltenham Town, 3-1, Ahad (23/1) dini hari WIB. Kendati demikian, juara Piala FA musim 2018/2019 itu sempat kesulitan meladeni permainan tim yang tampil di kasta keempat kompetisi sepak bola Inggris tersebut.

Menghadapi Cheltenham, pelatih City, Pep Guardiola, mengistirahatkan sejumlah penggawa City. Pep melakukan 10 pergantian pemain di starting line-up City dibanding saat mengalahkan Aston Villa, 2-0, pada ajang Liga Primer Inggris, tengah pekan ini.

Selain menurunkan dua penggawa muda City, Taylor Harwood-Bellis dan Tommy Doyle, Guardiola juga menurunkan Gabriel Jesus, Fernandinho, dan Ferran Torres sebagai starter di laga ini. Keputusan Guardiola untuk melakukan rotasi pemain di laga ini nyaris membuat City tersingkir.

Baca Juga

Pada babak pertama, City terlihat kesulitan untuk bisa membongkar pertahanan The Robins, julukan Chaltenham. Tampil dominan dengan penguasaan bola mencapai 66 persen dan melepaskan delapan tembakan, The Citizen gagal merobek gawang Cheltenham.

Pada babak kedua, setidaknya hingga pertengahan babak, City masih belum mampu memecah kebuntuan. The Citizen akhirnya mendapatkan peluang terbaik mereka pada menit ke-52 melalui Gabriel Jesus.

Menerima umpan terobosan dari Phil Foden, Jesus sempat melewati hadangan kiper Cheltenham. Namun, bola sepakan Jesus masih membentur tiang gawang. 

Berselang tujuh menit dari kegagalan tersebut, City malah dikejutkan dengan gol yang mampu dicetak The Robins. Berawal dari lemparan ke dalam oleh Ben Tozer, bola bisa langsung berada di dalam kotak penalti City.

Alfie May tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dan langsung menyambar bola. The Robins, yang terus ditekan di sepanjang laga, justru mampu berbalik unggul.

Gol Cheltenham ini langsung direspons Guardiola. Eks pelatih Barcelona itu menarik sejumlah pemain muda dan memasukan Ruben Dias dan Ilkay Gundogan.

Begitu pula dengan keputusan mengganti Benjamin Mendy dengan Joao Cancelo. Keputusan ini akhirnya membuahkan hasil maksimal. Cancelo mampu memberikan assist kepada Phil Foden dalam gol penyeimbang kedudukan.

Eks bek sayap Juventus itu melepaskan umpan lambung ke tiang jauh. Foden, yang mampu menyelinap di antara pemain bertahan Cheltenham, langsung menyambar umpan tersebut dengan sepakan voli.

City berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-81. Gol Foden ini membuka keran gol City. Hanya berselang kurang dari tiga menit, The Citizen mampu berbalik unggul.

Adalah Jesus, yang membayar kegagalannya pada awal babak kedua, dengan torehan gol. Lolos dari jebakan offside, Jesus menerima umpan dari Fernandinho.

Tanpa kesulitan, penyerang asal Brasil itu menaklukan kiper Cheltenham, Josh Griffith, dengan sepakan terarah. Tidak berhenti sampai disitu, City sukses memastikan kemenangan atas The Robins saat laga telah menginjak menit terakhir masa perpanjangan waktu, tepatnya pada menit ke-94.

Kali ini, giliran Ferran Torres yang memanfaatkan umpan dari Gundogan. Setelah menerima umpan dari Cancelo, Gundogan melepaskan umpan tarik, yang langsung diselesaikan oleh Torres. Gol pemain asal Spanyol ini pun sekaligus mengakhiri laga yang digelar di kandang Cheltenham, Stadion John-Rocks tersebut. 

Berkat kemenangan ini, City berhasil melangkah ke putaran kelima Piala FA. The Citizen akan menghadapi Swansea City, yang mencukur Nottingham Forrest, 5-1, di laga lainnya. Rencananya, putaran kelima Piala FA musim ini akan digelar pada awal Februari mendatang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA