Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

AC Milan Telan Kekalahan Terbesar Pertama di Liga Musim Ini

Ahad 24 Jan 2021 02:02 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ratna Puspita

Cristian Romero mencetak gol pembuka Atalanta ke gawang AC Milan.

Cristian Romero mencetak gol pembuka Atalanta ke gawang AC Milan.

Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
AC Milan gagal keluar dari tekanan Atalanta sehingga kebobolan tiga gol tanpa balas.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan menelan kekalahan terbesar pertamanya musim ini ketika menerima lawatan Atalanta pada giornata ke-19 Liga Italia Serie A di Stadion San Siro, Milan, Italia, Ahad (24/1) dini hari WIB. Milan gagal keluar dari tekanan Atalanta sehingga kebobolan tiga gol tanpa balas.

Tiga gol Atalanta dicetak pada Cristian Romero pada menit ke-26, Josip Ilicic dari titik putih pada menit ke-53, dan Duvan Zapata pada menit ke-77. Ini merupakan kekalahan kedua Milan musim ini pada ajang Liga Italia. 

Milan menelan kekalahan pertama dari Juventus pada 6 Januari lalu. Kendati demikian, kekalahan ini belum menggeser posisi Milan dari puncak klasemen sementara Liga Italia.

Baca Juga

Sebab, pesaing terdekat Milan sekaligus rival sekotanya, Inter Milan, bermain imbang tanpa gol ketika bertandang ke markas Udinese. Milan mengoleksi 43 angka dari 19 pertandingan atau unggul dua angka dari Inter yang memiliki 41 poin.

Jalannya pertandingan

photo
Zlatan Ibrahimovic - (EPA-EFE/MATTEO BAZZI)
Milan sebenarnya mengawali laga ini dengan cukup apik. Peluang pertama di laga ini didapat Milan via sepakan Zlatan Ibrahimovic. 

Namun, tendangan striker asal Swedia itu masih bisa dimentahkan lini belakang Atalanta. Kendati demikian, itu menjadi satu-satunya peluang yang bisa diciptakan tim besutan Stefano Pioli itu pada sepanjang babak pertama.

Di sisi lain, Atalanta justru tampil lebih nyaman. La Dea mampu terus mengancam gawang I Rossoneri via serangan balik cepat. Salah satunya pada menit ke-14. 

Namun, sepakan kaki kanan Hans Hateboer masih melebar di sisi gawang Milan. Selain itu, Donnarumma juga harus bekerja keras pada menit ke-39 untuk menghalau peluang yang didapatkan Josip Ilicic.

Romero berhasil mengejutkan tim tamu usai menerima umpan lambung Robin Gosens dari sisi kanan pertahanan Milan. Bek tengah pinjaman dari Juventus itu menyambut bola dari Gosens di tiang jauh sambil menjatuhkan diri. Kiper Milan, Gianluigi Donnarumma, tidak bisa berbuat banyak untuk bisa menghalau datangnya bola.

Setelah gol tandukan bek tengah Atalanta itu membuat, Milan terlihat kesulitan untuk bisa mengembangkan permainan pada sepanjang babak pertama. Skor 1-0 untuk keunggulan Atalanta menutup paruh pertama. 

Pada paruh kedua, Franck Kessie menyikut wajah Ilicic sehingga membuahkan hadiah pinalti untuk Atalanta. Donnarumma sebenarnya bisa membaca arah bola, tetapi bola hasil tendangan Ilicic terlalu tajam sehingga sukses menembus gawang Milan.

photo
Mario Mandzukic - (EPA-EFE/MATTEO BAZZI)
Mario Mandzukic yang baru didatangkan oleh Milan membuat satu-satunya peluang bagi tuan rumah. Namun, Gollini berhasil melakukan penyelamatan untuk memastikan gawang Atalanta tidak kebobolan.

Sebaliknya, Atalanta nyaris menambah gol ketiga melalui Zapata. Berselang beberapa menit kemudian, Zapata memaksa Donnarumma memungut bola dari gawangnya untuk ketiga kali pada menit ke-77. 

Pada laga ini, para pemain Milan gagal mengembangkan permainan dan keluar dari tekanan. Skor 3-0 memastikan Atalanta memaksa tuan rumah tidak mengoleksi poin tambahan. 

Pada semua kompetisi musim ini, hasil merupakan kedua kalinya Milan kalah dengan tiga gol tanpa balas. Kekalahan 0-3 pertama yang diderita Milan terjadi ketika bertamu ke kandang Lille pada pertandingan penyisihan Grup H Liga Eropa, 5 November lalu.

Susunan Pemain:

AC Milan (4-2-3-1)

Pelatih: Stefano Pioli

Kiper:  G Donnarumma;

Belakang: Calabria, Kalulu, Kjaer, Theo Hernandez; 

Tengah: Kessie, Tonali; Castillejo, Meite, Leao; 

Depan: Ibrahimovic

Atalanta (3-4-1-2)

Pelatih: Gian Piero Gasperini

Kiper: Gollini; 

Belakang: Toloi, Romero, Djimsiti; 

Tengah: Hateboer, De Roon, Freuler, Gosens; Pessina; 

Depan: Ilicic, Duvan Zapata

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA