Saturday, 22 Rajab 1442 / 06 March 2021

Saturday, 22 Rajab 1442 / 06 March 2021

Live; Southampton Singkirkan Arsenal dari Piala FA

Sabtu 23 Jan 2021 21:22 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Bek sayap Walker-Peters menggiring bola, sebelum melepaskan tembakan yang berujung gol akibat kesalahan antisipasi pemain Arsenal Gabriel Magalhaes. Arsenal akhirnya kalah 1-0 atas Southampton dalam lanjutan Piala FA, Sabtu (23/2).

Bek sayap Walker-Peters menggiring bola, sebelum melepaskan tembakan yang berujung gol akibat kesalahan antisipasi pemain Arsenal Gabriel Magalhaes. Arsenal akhirnya kalah 1-0 atas Southampton dalam lanjutan Piala FA, Sabtu (23/2).

Foto: istimewa/tangkapan layar
Soton menang tipis, 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTHAMPTON -- Southampton memenangkan pertandingan saat menjamu Arsenal pada putaran keempat Piala FA di St. Mary's Stadium, Sabtu (23/1) petang WIB. Gol bunuh diri Gabriel membawa Southampton menang tipis, 1-0 atas Arsenal. 

Southampton yang bertindak sebagai tuan rumah tak ragu untuk memberikan inisiatif serangan ke lini pertahanan Arsenal. Mereka mendapat tendangan bebas pertama di menit kedua saat Gabriel melanggar Ings. 

Ward-Prowse yang mengambil alih tendangan bola mati langsung mengarahkan umpan melewati pemain belakang Arsenal. Namun, upaya tersebut berhasil digagalkan Bern Leno yang menghasilkan tendangan sudut bagi tuan rumah. 

Dari sepak pojok, Ward-prowse melesatkan tendangan melengkung yang mengarah langsung ke gawang. Namun, Leno berhasil menepisnya keluar lapangan dan menghasilkan tendangan sudut lainnya. 

Peluang kembali didapatkan Southampton di menit ke-14 saat Adams berhasil melewati dua pemain belakang Arsenal. Namun, Leno berhasil mengantisipasi arah dari sentuhan terakhir Adams dan menepisnya. 

Southampton terus menekan pertahanan Arsenal hingga akhirnya berhasil membuat perbedaan di menit ke-24. Tim tuan rumah mengungguli permainan setelah tendangan Walker-Peters yang melesat di antara dua kaki Cedric membentur kaki Gabriel dan berubah arah ke gawang, yang tidak bisa diantisipasi oleh Leno. 

Southampton pun unggul 1-0 dari Arsenal. Dan Gabriel menjadi pemain Arsenal pertama yang mencetak gol bunuh diri di Piala FA sejak gelandang Southampton Alex Oxlade-Chamberlain melawan Sunderland pada Februari 2012. 

Gol itu juga menjadi yang pertama gawang Arsenal kebobolan sejak gol Tammy Abraham untuk Chelsea pada Boxing Day, mengakhiri laju 508 menit the Gunners tanpa gol. 

Di menit ke-31, Forster dan para pemain belakang Southampton melakukan hal ceroboh di belakang yang memaksa Forster menepis bola dari Nketiah yang bergerak maju untuk sebuah tendangan ke gawang. 

Peluang kembali dimiliki Arsenal di menit ke-36 saat Pepe mengambil bola dari umpan Nketiah dan melepaskan tembakan langsung ke gawang, namun laju bola terhenti saat membentur badan Stephens. 

Dua menit berselang Southampton kembali merepotkan lini pertahanan Arsenal. Mereka terlihat semakin yakin dengan menguasai pertandingan. Hingga pada menit ke-43 tendangan langsung Ward-Prowse hampir menambah keunggulan. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk Southampton. 

Di babak kedua, Southampton langsung melancarkan serangan melalui upaya dari Ward-Prowse tapi Arsenal berhasil menghentikannya dan Pepe ingin melancarkan serangan balik dengan cepat namun Diallo berhasil menghentikannya. 

Di menit ke-49 Ings mendapat peluang dari umpan jauh yang diberikan oleh Foster. Ings langsung menembakkan bola ke gawang tapi masih membentur tiang. Lima menit berselang, Arsenal mendapatkan tendangan sudut dari Stephens tetapi tidak ada ancaman berarti. 

Adapun Suthampton kembali mendapatkan bendera offside ketika mereka terus mencoba menguji lini belakang Arsenal yang goyah. Arteta tampak sedang mempersiapkan perubahan. 

Pada menit ke-59, Nketiah melakukan umpan bagus satu-dua untuk memaksa sepak pojok bagi Arsenal. Southampton tidak sepenuhnya membersihkannya dan Holding mengibaskan bola melewati mistar gawang. Ini adalah peluang terbaik yang diciptakan Arsenal dalam beberapa waktu. 

Memasuki menit ke-60 Southampton terlihat menurunkan semua pemainnya di bagian pertahanan. Hingga menit ke-66, baik Arsenal maupun Southampton belum mendapatkan tembakan tepat sasaran sejak babak kedua dimulai. 

Di menit ke-67, Arsenal mendapatkan kesempatan mereka saat Nketiah melakukan umpan silang yang sulit di kotak penalti Southampton dan Forster cukup khawatir untuk menepisnya. Nketiah kembali menguji gawang Foster di menit ke-70 tapi belum membuahkan hasil. 

Arsenal semakin menekan, di menit ke-70 Forster membuanh umpan silang berbahaya Saka. Cedric, yang beralih ke bek kanan mendapat umpan silang lanjutan yang diblokir. Southampton berada di bawah tekanan yang meningkat dari Arsenal. 

Namun, hingga menit ke-90 Arsenal gagal membuat perubahan. Southampton bertahan dengan baik dari gempuran yang diberikan Arsenal selama tambahan waktu tiga menit. Laga pun berakhir dengan skor 1-0 untuk Southampton. Hasil ini membawa Southampton melaju ke putaran ke-5 Piala FA. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA