Sabtu 23 Jan 2021 20:44 WIB

Tentara Uganda Klaim Tewaskan 189 Milisi al-Shabaab

Tentara Uganda mengaku mengepung kamp kelompok al-Shabaab.

Gerilyawan Ash-Shabaab (ilustrasi)
Foto: Reuters
Gerilyawan Ash-Shabaab (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KAMPALA -- Prajurit Uganda yang bergabung dengan pasukan misi perdamaian di Somalia mengakui bahwa mereka berhasil menewaskan 189 orang gerilyawan al-Shabaab  dalam sebuah serangan di salah satu kamp mereka. Demikian keterangan tentara Uganda, Sabtu (23/1).

Para prajurit itu adalah bagian dari misi perdamaian Uni Afrika di Somalia yang bertujuan untuk mendukung pemerintah pusat negara itu dan menghentikan upaya al-Shabaab menumbangkan pemerintahan.

Pasukan Pertahanan Rakyat Uganda (UPDF) menyebut dalam sebuah pernyataan bahwa prajurit mereka pada Jumat (22/1) telah mengepung tempat persembunyian al-Shabaab di desa Sigaale, Adimole, dan Kayitoy, yang jaraknya hanya sekitar 100 kilometer arah barat daya Ibu Kota Mogadishu.

"(Penyergapan itu) [...] memastikan bahwa pasukan melakukan tindakan terhadap 189 kombatan yang terkait Alqaidah serta menghancurkan sejumlah perlengkapan militer dan barang-barang yang digunakan dalam penyerangan teroris," kata UPDF.

Hingga berita ini disiarkan, belum ada komentar dari pihak al-Shabaab. Kelompok al-Shabaab, yang bertujuan menggulingkan pemerintahan Somalia dan menerapkan hukum Islam atas penafsiran mereka, menguasai sebagian besar wilayah Somalia hingga 2011--hingga akhirnya diusir keluar dari ibu kota oleh pasukan Uni Afrika.

Meskipun kehilangan wilayahnya, al-Shabaab masih melancarkan serangan bersenjata dan bom, dan seringkali mengklaim jumlah korban yang tidak sama dengan laporan dari pemerintah.

sumber : Reuters/antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement