Ahad 24 Jan 2021 05:14 WIB

Masjid Stoke-On-Trent di Inggris Sediakan Tes Covid Massal

Tempat keagamaan pertama yang menawarkan pengujian Covid-19 massal.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
masjid kota Stoke on Trent
Foto: About Islam
masjid kota Stoke on Trent

IHRAM.CO.ID, STOKE-ON-TRENT -- Memanfaatkan lokasinya yang berada di sentral Inggris, sebuah masjid di kota Stoke-on-Trent membuka pintunya untuk menjadi tempat keagamaan pertama yang menawarkan pengujian Covid-19 massal. Pada Rabu (13/1) lalu, Masjid Pusat Kota Stoke-on-Rent di Hanley membuka pintu dan mempersilakan masyarakat dari semua agama untuk melakukan tes Covid-19.

Iman Amar dari pihak masjid tersebut mengatakan kepada StokeonTrent Live, bahwa ia menilai pentingnya menawarkan ruang untuk melakukan tes virus corona, karena masjid yang berada di lokasi pusat dan mudah diakses di kota tersebut.

"Kami mengadakan tes komunitas untuk pertama kalinya pada Rabu (13 Januari) dan saya senang dengan kesuksesannya. Orang yang datang merasa aman dan nyaman dan ada banyak ruang bagi orang untuk mendapatkan tes," kata Amar, dilansir di laman About Islam, Sabtu (23/1).

Ketua organisasi komunitas Stepping Stones, Fahmida Rahman, yang menyediakan koneksi internet untuk pusat masjid tersebut, menyambut baik orang-orang yang ingin melakukan tes Covid-19. Ia menuturkan, seorang anggota tim penguji mendemonstrasikan bagaimana rasanya menjalani tes tersebut guna memberikan kepastian kepada komunitas dan menunjukkan bahwa tidak sulit untuk datang dan menjalani tes. Menurutnya, hal itu adalah proses yang mudah dan orang-orang bisa mendapatkan hasilnya dengan cukup cepat.

"Pusat pengujian ini untuk semua anggota komunitas. Kami berada di jantung komunitas dan kami mendorong orang untuk datang dan melakukan tes," katanya.

Sementara itu, orang-orang yang mengikuti tes Covid-19 di tempat tersebut memuji tempat penyelenggaraan dan para sukarelawan yang bekerja. Hal itu diungkapkan salah satunya oleh Lee Caulston, warga berusia 37 tahun dari Blurton.

"Tes ini mudah dan merupakan tes tanpa rasa sakit. Saya bekerja di bidang konstruksi dan mereka ingin kami melakukan tes rutin untuk memastikan ketenangan pikiran bagi diri kami sendiri dan pelanggan," ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh pekerja bernama Grzegorz Lewandowski (41) dari Burslem. "Ini sempurna, benar-benar sempurna. Saya mendaftar secara online dan itu sangat sederhana dan memberi tahu Anda langkah demi langkah apa yang harus anda lakukan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement