Sabtu 23 Jan 2021 10:36 WIB

Pep Guardiola: Liga Super Eropa Ancam Kompetisi Domestik

Liga dan piala domestik jangan sampai dikorbankan karena Liga Super Eropa.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Ratna Puspita
Pep Guardiola
Foto: Martin Rickett / POOL/PA POOL
Pep Guardiola

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pep Guardiola mengungkapkan ketakutannya terhadap dampak Liga Super Eropa terhadap kompetisi domestik. Ia pun berharap, liga dan piala domestik jangan sampai dikorbankan karena Liga Super Eropa.

Apalagi, format kompetisi baru itu dikabarkan sudah mulai dibentuk. Enam klub besar Liga Primer Inggris, termasuk Manchester City, dilaporkan masuk dalam anggota penggagas.

Baca Juga

"Saya punya perasaan kami tidak bisa kehilangan liga lokal, entah itu Piala FA atau Piala Liga. Apa yang seharusnya dilakukan adalah membuat setiap liga di Eropa semakin kuat, tim yang lebih sedikit, kompetisi yang lebih baik, Ligue One lebih baik, League Two lebih baik, Liga Primer lebih baik, dengan tim yang lebih sedikit di setiap kompetisi," ucap Guardiola, dikutip dari Skysport, Sabtu (23/1).

Guardiola ingin kompetisi dijalankan dengan mengedepankan kualitas dibandingkan kuantitas. Misalnya, untuk membuat Liga Primer Super, jumlah timnya harus dikurangi.Namun, tidak boleh juga membunuh divisi yang lebih kecil atau Liga Primer itu sendiri.

FIFA dan enam konfederasi di enam benua secara terbuka menolak kompetisi yang memisahkan diri dari FIFA tersebut. Bahkan, FIFA memberikan ancaman larangan tampil di Piala Dunia bagi setiap pemain yang berpartisipasi pada Liga Super Eropa.

Barcelona saat masih dipimpin presiden Josep Maria Bartomeu setuju untuk ikut ke Liga Super Eropa. Sementara Bayern Muenchen tegas menolak untuk gabung meski diundang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement