Jumat 22 Jan 2021 23:24 WIB

Polda Kalsel Ujicoba Tilang Elektronik Usai Banjir

Pada tahap awal, ada beberapa kamera e-TLE yang dipasang di ibukota provinsi.

Polda Kalsel Ujicoba Tilang Elektronik Usai Banjir (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Polda Kalsel Ujicoba Tilang Elektronik Usai Banjir (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,BANJARMASIN -- Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan bakal mengujicobakanpenerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (e-TLE) usai banjir yang melanda hampir di seluruh provinsi itu berlalu.

"Wilayah Banjarmasin jadi pertama uji coba yang dilaksanakan setelah situasi bencana banjir di Kalsel berlalu," terang Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo di Banjarmasin, Jumat (22/1).

Penerapan tilang elektronik itu menindaklanjuti pernyataan Kapolri terpilih Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang menyebut bakal mengurangi interaksi petugas dan pelanggar dalam proses penilangan guna menghindari praktik penyimpangan seperti pungutan liar.

Maesa mengatakan pada tahap awal, ada beberapa kamera e-TLE yang dipasang di ibukota provinsi Kalimantan Selatan itu.

 

Pengendara yang tertangkap kamera melanggar aturan berlalu lintas akan terekam datanya dan diidentifikasi melalui nomor polisi kendaraan.

Adapun sejumlah pelanggaran yang bisa terekam sistem e-TLE antara lain penggunaan helm, menerobos lampu lalu lintas dan melanggar marka jalan.

Surat tilang akan diantar ke rumah pemilik kendaraan sesuai data yang ada di Polda. Proses pembayaran denda tilang juga sistem elektronik, sehingga benar-benar tidak ada interaksi dengan petugas.

"Tentunya penerapan sistem ini terus kami sosialisasikan agar masyarakat benar-benar mengetahuinya. Namun pada prinsipnya, kami harapkan pengendara patuh dan tertib di jalan raya didasari faktor keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lain bukan takut ditilang polisi," jelas Maesa.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement