Jumat 22 Jan 2021 20:38 WIB

UIII Segera Dibuka, Kemenag Godok Sejumlah Persiapan

Perkuliahan UIII rencananya dimulai pada September 2021.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agus Yulianto
Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis),Prof Muhammad Ali Ramdhani
Foto: Dok Kemenag
Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis),Prof Muhammad Ali Ramdhani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) rencananya akan memulai perkuliahan pada September 2021. Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) tengah menyiapkan sejumlah persiapan teknis.

“(Benar) penjelasan yang saya peroleh dari Rektor UII seperti itu (akan dimulai pada September 2021). Harapan saya dapat berjalan dengan baik,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani, saat dihubungi Republika, Jumat (22/1).

photo
Pembangunan Kampus UIII Depok. - (Republika/Rusdy Nurdiansyah)
 

Terkait teknis persiapan mulainya perkuliahan seperti realisasi aliran dana dengan mekanisme Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) yang akan dikelola otonom UIII di bawah pengawasan Majelis Wali Amanat (WMA), dia mengatakan, hal itu sedang dalam kajian. “(Realisasi) masih dalam kajian dari Direktorat Diktis,” ungkapnya.

Saat ini, pembangunan kampus UIII sedang dikerjakan. Kemenag memang sebelumnya telah menargetkan akan merampungkan proyek bangunan tersebut seiring dengan dimulainya perkuliahan pada September 2021 ini. UIII, kata dia, merupakan salah satu proyek strategis nasional yang harus menjadi etalase perkembangan Islam di Indonesia.

Rektor UIII Komaruddin Hidayat menyatakan, secara pribadi sebagai rektor, pihaknya siap mengemban amanah dalam memulai perkuliahan yang ada. “Saya pribadi sebagai rektor sudah siap,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement