Jumat 22 Jan 2021 14:32 WIB

Angkut Bapokting, KM Logistik Nusantara 2 Tiba di Fakfak

Wagub Mohamad mendorong layanan keperintisan penyeberangan lintas Kokas-Inanwatan.

 Kapal KM. Logistik Nusantara 2 yang berangkat dari Merauke sebagai pelabuhan pangkal pada Kamis (14/1) dengan mengangkut bahan pokok penting (bapokting).
Foto: Humas Ditjen Hubla
Kapal KM. Logistik Nusantara 2 yang berangkat dari Merauke sebagai pelabuhan pangkal pada Kamis (14/1) dengan mengangkut bahan pokok penting (bapokting).

REPUBLIKA.CO.ID, FAKFAK -- Pelayaran perdana Program Tol Laut Logistik dari wilayah Selatan Papua ke Utara Papua dengan kode trayek T-19, Kamis (21/1)  tiba di Pelabuhan Kokas, Kabupaten Fakfak Papua Barat. Pelayaran perdana tersebut menggunakan Kapal KM. Logistik Nusantara 2 yang berangkat dari Merauke sebagai pelabuhan pangkal pada Kamis (14/1) dengan mengangkut bahan pokok penting (bapokting).

Dengan tibanya pelayaran perdana tersebut menandakan bahwa Kapal KM. Logistik Nusantara 2 resmi beroperasi di Pelabuhan Kokas, dimana Kapal tersebut melakukan sandar perdana di Dermaga Pelabuhan Kokas dan menurunkan muatan yang berisi Beras Merauke sebanyak satu Container. 

Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor UPP Kelas III Kokas - Rosihan Gamtjim sesaat setelah prosesi sandar kapal di Pelabuhan Kokas, Kabupaten Fakfak Papua Barat, dalam keterangannya yang diterima Republika, Jumat (22/1).

Menurutnya, pelayaran ini sebagai wujud nyata dari Instruksi Presiden Republik Indonesia No.9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat serta pelaksanaan program tol laut yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. 

Rosihan menjelaskan, telah dilakukan acara bongkar muatan 1 box container dengan muatan beras dan 1 box container kosong dari kapal ke dermaga di Pelabuhan Kokas yang dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat Mohamad Lakotani.

photo
Pelayaran perdana Program Tol Laut Logistik dari wilayah Selatan Papua ke Utara Papua dengan kode trayek T-19, Kamis (21/1) tiba di Pelabuhan Kokas, Kabupaten Fakfak Papua Barat. - (Humas Ditjen Hubla)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement