Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Indonesia Berduka, Umma Gelar Doa Bersama

Jumat 22 Jan 2021 10:31 WIB

Red: Muhammad Hafil

Indonesia Berduka, <em>Umma</em> Gelar Doa Bersama

Indonesia Berduka, Umma Gelar Doa Bersama

Foto: Dok Republika
Umma gelar doa bersama saat Indonesia alami sejumlah bencana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Indonesia tengah berduka. Awal 2021 belum genap satu bulan,sederet musibah datang bertubi-tubi. Ratusan orang meninggal dunia, ribuan lainnya harus kehilangan tempat tinggal. Dalam kurun waktu tiga pekan, tercatat terjadinya enam bencana alam menerjang Tanah Air mulai dari longsor Sumedang, banjir Kalimantan Selatan, gempa Sulawesi Barat, banjir Manado, erupsi Gunung Semeru, hingga banjir bandang di kawasan Cisarua Bogor.

Selain bencana alam, kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di Perairan Seribu dan meninggalnya para ulama terutama Syekh Ali Jaber menambah panjang rentetan duka Ibu Pertiwi. Menyikapi musibah yang terjadi awal tahun 2021 ini, aplikasi muslim umma menggelar Doa Bersama Untuk Bangsa secara virtual pada Jumat (22/1) mulai pukul 13.30 - 15.30 WIB.

Acara Doa Bersama Untuk Bangsa ini akan dihadiri sejumlah tokoh agama di antaranya Ustadz Taufik Al Miftah, Ustadz Irfan Rizki Haas, Ustadz Salman Al Farisi, Ustadz Ririe Ridwan dan Ustaz Ahmad Faris BQ. Hadir pula perwakilan dari komunitas muslimah yaitu Meida Sefira serta komunitas One Umma Movement yang melakukan siaran langsung dari lokasi bencana.

Baca Juga

Acara ini bekerja sama pula dengan puluhan komunitas yang tersebar di Jakarta - Bandungserta lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap yang juga akan berbagi informasi seputar bencana yang mereka alami langsung dari lokasi bencana.

"Mengirimkan doa bisa kita lakukan kapan dan di mana saja tanpa harus berpusat di satu titik. Maka, di tengah musibah dan bencana yang terjadi pada awal 2021 ini, umma mengajaksemua lapisan masyarakat, para ustadz dan ustazah serta para komunitas untuk mempererat tali silaturahmi dan berdoa bersama untuk keselamatan negeri ini," kata Commercial Lead umma Aldo Shurman dalam siaran persnya.

Aldo berharap, bencana yang melanda Tanah Air sejak awal tahun ini segera berlalu dankehidupan masyarakat bisa kembali pulih. "Kami mengucapkan turut berduka cita atas musibah dan bencana yang melanda negeri ini. Mudah-mudahan kita semua diberi ketabahan dalam menghadapi setiap ujian dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala," kata Aldo.

Acara Live streaming Doa Bersama Untuk Bangsa ini bisa dilihat secara langsung dari aplikasi umma dan youtube umma Indonesia.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA