Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Apakah Langkah Kita Dapat Ridha Allah SWT? Ini Indikatornya

Jumat 22 Jan 2021 05:55 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat 7 indikator seorang hamba mendapat ridha Allah SWT. Ilustrasi ridha Allah SWT

Terdapat 7 indikator seorang hamba mendapat ridha Allah SWT. Ilustrasi ridha Allah SWT

Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Terdapat 7 indikator seorang hamba mendapat ridha Allah SWT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada tanda bagi seorang Muslim mendapat keridhaan Allah SWT. Berikut ini adalah tujuh tanda Allah SWT ridha terhadap hamba-Nya.

Pertama, merasa mudah dalam mengerjakan berbagai hal yang diperintahkan Allah SWT sehingga Allah SWT memudahkannya dalam menerima berbagai bentuk kebaikan. 

Kedua, seorang Muslim jika ditimpa musibah atau malapetaka maka dia tetap tenang dan bersabar melalui masalah yang dihadapi. Hal itu sebagaimana surat al-Baqarah ayat 177. Allah SWT berfirman: 

وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ ۗ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ "...dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan, dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa."

Ketiga, mendapatkan ketenangan dan keyakinan terhadap janji Allah SWT mengenai pertolongan yang diberikan-Nya. Allah SWT berfirman:

 لَّقَدْ رَضِيَ اللَّهُ عَنِ الْمُؤْمِنِينَ إِذْ يُبَايِعُونَكَ تَحْتَ الشَّجَرَةِ فَعَلِمَ مَا فِي قُلُوبِهِمْ فَأَنزَلَ السَّكِينَةَ عَلَيْهِمْ وَأَثَابَهُمْ فَتْحًا قَرِيبًا 

"Sesungguhnya Allah telah ridha terhadap orang-orang mukmin ketika mereka berjanji setia kepadamu di bawah pohon, maka Allah mengetahui apa yang ada dalam hati mereka lalu menurunkan ketenangan atas mereka dan memberi balasan kepada mereka dengan kemenangan yang dekat (waktunya)." (QS al-Fath: 18).

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA