Jumat 22 Jan 2021 04:30 WIB

China Minta Biden Lanjutkan Hubungan Bilateral China-AS

Kedua pemerintah diminta harus saling menghormati satu sama lain.

Bendera AS an China.
Foto: AP / Andy Wong
Bendera AS an China.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- China pada Kamis meminta Joe Biden, presiden Amerika Serikat yang baru dilantik, untuk melanjutkan hubungan bilateral seperti sebelum pemerintahan Donald Trump.

"Kami mengucapkan selamat kepada Presiden Joe Biden dan berharap agar pemerintahannya berhasil," kata Kementerian Luar Negeri China seperti dilansir oleh harian China Global Times.

Baca Juga

“China dan AS perlu melanjutkan hubungan bilateral dengan rasa saling menghormati seperti sebelumnya," lanjut kementerian.

Biden dilantik sebagai presiden ke-46 AS pada Rabu. Hubungan bilateral China dan AS sangat terpuruk di bawah kepemimpinan Trump.

"Pemerintahan Trump, terutama [Mike] Pompeo, telah membakar banyak jembatan yang perlu dibangun kembali, dan merusak banyak jalan yang perlu diperbaiki," kata Hua Chunying, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, merujuk pada mantan menlu AS.

Menurutnya, kedua pemerintah harus berani mendengarkan dan menghormati satu sama lain. "Kalau kita bertekad untuk memperbaikinya, maka semua bisa diperbaiki," jelas dia.

 

Sumber:  https://www.aa.com.tr/id/dunia/china-minta-biden-lanjutkan-hubungan-bilateral-china-as/2118220

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement