Jumat 22 Jan 2021 05:55 WIB

Cara Tepat Menghadapi Mertua yang Suka Mendominasi

Sebisa mungkin minimalkan konflik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Cara Tepat Menghadapi Mertua yang Suka Mendominasi. Menantu dan Mertua (ilustrasi).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Cara Tepat Menghadapi Mertua yang Suka Mendominasi. Menantu dan Mertua (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian perempuan beruntung karena memiliki mertua yang menyayangi seperti anak sendiri. Sementara, sebagian lain masih merasa ada jarak antara dirinya dan mertua.

Bahkan, merasa mertua selalu mendominasi kehidupan rumah tangganya. Ustazah Taimiyyah Zubair membagikan kiat mengatasi kondisi demikian.

Baca Juga

Dia menawarkan nasihat berharga tentang bagaimana cara agar hubungan istri dan mertua bisa tetap hangat, meskipun pada awalnya perempuan merasa ibu mertua mendominasi. Menurut Ustazah Taimiyyah, cara pertama adalah sebisa mungkin meminimalisasi konflik.

Kedua, selalu menunjukkan sikap hormat, tidak peduli seberapa besar dominasi mertua dan apa pun ucapan maupun tindakannya yang dianggap tidak tepat. "Selalu ingat beliau adalah ibu dari suami Anda dan layak dihormati. Meskipun beliau mengatakan atau melakukan sesuatu yang menyinggung, jangan membalas dengan perlakuan serupa," kata Ustazah Taimiyyah, dikutip dari laman About Islam.

Ustazah Taimiyyah mengutip hadits yang berbunyi, "Barangsiapa yang bersikap merendah karena Allah, maka Allah akan meninggikannya". Meski demikian, bukan berarti seorang menantu tidak boleh mengutarakan pendapat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement