Kamis 21 Jan 2021 19:00 WIB

Donald Trump Tinggalkan Surat untuk Joe Biden

Surat yang disampaikan Trump ke Biden bersifat pribadi.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
President Donald Trump speaks before boarding Air Force One at Andrews Air Force Base, Md., Wednesday, Jan. 20, 2021.
Foto: AP / Manuel Balce Ceneta
President Donald Trump speaks before boarding Air Force One at Andrews Air Force Base, Md., Wednesday, Jan. 20, 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Donald Trump meninggalkan surat kepada penggantinya Joe Biden sebelum meninggalkan Gedung Putih. Biden menyatakan, surat tersebut merupakan surat pribadi yang sangat dinilai menunjukan kemurahhatian presiden periode sebelumnya.

"Presiden menulis surat yang sangat murah hati, saya memilikinya. Karena ini bersifat pribadi, saya tidak akan membicarakannya sampai saya berbicara dengannya," ujar Biden dalam sebuah video yang dibagikan Al Arabiya.

Baca Juga

Memberikan sebuah surat kepada presiden selanjutnya merupakan tradisi yang telah berjalan sebelumnya. Barack Obama pun meninggalkan surat pribadi untuk Trump ketika dia meninggalkan Gedung Putih.

"Kami hanya penghuni sementara di kantor ini," tulis Barack Obama dalam catatan pribadi kepada Trump empat tahun lalu yang ditinggalkan di Oval Office sejalan dengan tradisi kepresidenan.

Baca juga : Mengenal Muslim dalam Kabinet Biden

"Itu membuat kita menjadi penjaga institusi dan tradisi demokrasi itu ... yang diperjuangkan dan diperjuangkan oleh leluhur kita. Terlepas dari dorongan dan tarikan politik sehari-hari, terserah kita untuk meninggalkan instrumen demokrasi kita setidaknya sekuat yang kita temukan," kata Obama ketika itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement