Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Bom Bunuh Diri Serang Baghdad, 6 Warga Meninggal Dunia

Kamis 21 Jan 2021 18:15 WIB

Rep: Ferginadira/ Red: Nashih Nashrullah

Bom bunuh diri kembali serang Baghdad setelah aman sekian tahun. Ilustrasi Teror Bom

Bom bunuh diri kembali serang Baghdad setelah aman sekian tahun. Ilustrasi Teror Bom

Foto: Foto : MgRol_94
Bom bunuh diri kembali serang Baghdad setelah aman sekian tahun

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD— Bom bunuh diri sebanyak dua kali menghantam ibu kota Irak, Baghdad, Kamis (21/1) waktu setempat. Polisi dan TV Pemerintah mengatakan, sekurangnya enam orang meninggal dalam ledakan tersebut.

Tiga pejabat polisi mengatakan, dua ledakan menghantam sebuah pusat komersial di Baghdad tengah. Televisi pemerintah Irak melaporkan pelaku melakukan pengeboman bunuh diri.

Banyak korban luka dalam kondisi serius. Sementara juga dilaporkan adanya kerusakan harta benda. Pejabat polisi berbicara dengan syarat anonim sesuai dengan peraturan.

Baca Juga

Pengeboman itu adalah yang pertama dalam beberapa tahun yang menargetkan kawasan komersial Baghdad yang ramai. 

Ledakan ini datang di tengah ketegangan politik yang meningkat karena Irak tampaknya akan mengadakan pemilihan awal pada Oktober.

Pelaku pengeboman bunuh diri belum diketahui hingga berita ini diterbitkan Associated Press. Irak telah menyaksikan serangan yang dilakukan kelompok ISIS dan kelompok milisi dalam beberapa bulan terakhir.

Milisi secara rutin menargetkan kehadiran Amerika Serikat dengan serangan roket dan mortir, terutama Kedutaan Besar Amerika Serikat di Zona Hijau yang dijaga ketat. 

Laju serangan telah menurun sejak gencatan senjata tidak resmi diumumkan kelompok bersenjata yang didukung Iran pada Oktober.

ISIS telah melakukan serangan serupa di masa lalu. Namun jarang dapat menargetkan ibu kota sejak digulingkan  pasukan Irak dan koalisi pimpinan Amerika Serikat pada pertempuran 2017.  

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA