Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Airlangga: Testing Covid-19 Indonesia Lampaui Standar WHO

Kamis 21 Jan 2021 16:43 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Bayu Hermawan

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
Menteri Airlangga mengatakan testing Covid-19 di Indonesia sudah lampaui standar WHO.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, jumlah testing Covid-19 di Indonesia sudah melebihi standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Airlangga mengatakan, berdasarkan data dari 10 sampai 16 Januari 2021, Indonesia sudah melakukan testing sebanyak 288 ribu lebih. 

"Standar WHO yaitu 10 persen per 1.000 orang. Jadi minimalnya Indonesia mencapai 107,69 persen dari standar WHO," kata Airlangga dalam Media Briefing secara virtual, Kamis (21/1).

Airlangga melanjutkan, testing dan screening akan terus dilakukan merata ke seluruh Indonesia. "Ke depan pemerataan testing menjadi penting," ucapnya.

Baca Juga

Airlangga memaparkan, secara keseluruhan total warga yang terpapar Covid-19 sudah mencapai 900 ribu lebih. Dengan kasus aktif sebanyak 15,9 persen, sembuh 81,2 persen, dan wafat 2,9 persen. 

Angka tersebut, kata dia, menurun dibandingkan sebelumnya. Hanya saja, masih di atas angka global.  Maka, lanjutnya, pemerintah menekankan program 3T yaitu Testing, Tracing, dan Treatment

"Program 3T saya garis bawahi treatment peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan. Sudah dibuat edaran Kemenkes untuk meningkatkan RS, baik itu BUMD atau BUMN menyediakan di RS 30 persen menerima kasus Covid," jelas Airlangga.

Dirinya menambahkan, testing akan ditingkatkan pada daerah dengan zona merah. Ia berharap, testing lebih intensif dibarengi dengan strategi 3M yakni Memakai masker, Menjaga jarak, serta Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

"Kemudian ditambah mulainya vaksinasi. Maka diharapkan ini bisa berjalan serempak antara 3T, 3M, dan vaksinasi," tegasnya. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA