Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Cara Terbebas dari Godaan Setan Menurut Alquran dan Sunnah

Kamis 21 Jan 2021 16:15 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Alquran dan sunnah memberikan cara menghindari godaan setan. ilustrasi setan

Foto:
Alquran dan sunnah memberikan cara menghindari godaan setan

Seorang Muslim bisa terhindar dari godaan setan jika mengikuti beberapa hal yang akan menyelamatkannya. Dia akan mampu menghadapinya dengan kekuatan dan ketegasan, dan dia akan berdiri di hadapan setan dengan kuat sampai Allah SWT menyingkirkan setan tersebut. 

Dan kalau pun seorang Muslim menerima ajakan beberapa ajakan setan, dia akan segera kembali taat pada Allah SWT dengan meminta ampun dan bertobat pada-Nya.

Bagaimana pun, godaan setan itu tidak terbatas pada hal-hal tertentu saja. Setiap menggoda anak Adam untuk mengikuti ajakannya, setan selalu menggunakan rasionalisasi hingga yang digodanya itu terjerumus ke dalam jebakannya. 

Jika gagal, setan akan menggunakan cara lain untuk menggodanya kembali sampai tujuannya tercapai. Nabi Muhammad SAW, pun memerintahkan umatnya untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dari godaan setan. Allah SWT berfirman: 

وَإِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ "Dan jika setan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dialah yang Mahamendengar lagi Mahamengetahui." (QS. Fushilat: 36)

Rasulullah SAW menyampaikan cara agar terbebas dari godaan setan. Rasulullah SAW bersabda: 

يأتي الشَّيطانُ أحدَكُم فيقولَ: مَن خلقَ كذا وَكَذا؟ حتَّى يَقولَ لَهُ: مَن خلقَ ربَّكَ؟ فإذا بلغَ ذلِكَ، فليَستَعِذْ بالله ولينتَهِ، وفي رواية فمن وجد من ذلك شيئاً فليقل آمنت بالله

Setan mendatangi salah satu dari kalian dan berkata, 'Siapakah yang menciptakan ini dan itu?', lalu dia (setan) berkata kepadanya, 'Siapakah yang menciptakan Tuhanmu?' Maka apabila ini terjadi, hendaklah berlindung kepada Allah SWT." Dalam sebuah riwayat, Nabi SAW menyampaikan, "Katakan aku beriman kepada Allah SWT." (HR Muslim, dalam Shahih Muslim, dari jalur Abu Hurairah)

 

Sumber: https://mawdoo3.com/%D9%83%D9%8A%D9%81%D9%8A%D8%A9_%D8%B7%D8%B1%D8%AF_%D9%88%D8%B3%D8%A7%D9%88%D8%B3_%D8%A7%D9%84%D8%B4%D9%8A%D8%B7%D8%A7%D9%86#cite_note-nnLrsoHuzJ-7

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA