Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Donald Trump dan Joe Biden: Pelajaran dari Demokrasi Amerika

Kamis 21 Jan 2021 15:54 WIB

Red: Muhammad Subarkah

 Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden, berkendara di dekat Gedung Putih selama Pengawalan Presiden ke Gedung Putih, Rabu (20/1/2021)  di Washington.

Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden, berkendara di dekat Gedung Putih selama Pengawalan Presiden ke Gedung Putih, Rabu (20/1/2021) di Washington.

Foto: AP/Doug Mills/Pool The New York Times
Belajar demokrasi dari Joe Biden dan Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: DR Nasir Tamara, Mantan Wakil Pimred Republika dan Dosen Pasca Sarjana UGM. 

Malam Rabu 20 Januari 2021 -di Washington pagi hari-  ada tontonan politik yang amat menarik. Bagi seluruh dunia. Penuh dengan drama dan tragedi. Ini juga sebuah simbol upaya mengembalikan prinsip-prinsip-prinsip mulia demokrasi di negara terkuat secara militer dan ekonomi terbesar di dunia yaitu  Amerika Serikat. 

Tentunya akan menjadi catatan sejarah yang penting bagi dunia karena selama ini Amerika Serikat menjadi model dari demokrasi dan kemajuan ekonomi, budaya dan peradaban untuk banyak pemimpin.

Berkat teknologi digital setiap orang dapat menyaksikan langsung saat itu juga  peralihan kekuasaan dari Presiden yang didukung oleh Partai Republik  Donald Trump kepada Joe Biden Presiden terpilih yang didukung oleh Partai Demokrat. Pemeluk agama Katolik kedua setelah Presiden Kennedy menjabat Kepala Negara.

Dunia amat terkejut melihat Amerika setelah penyerbuan Capitol, gedung Parlemen Amerika oleh para pendukung fanatis Presiden Donald Trump yang menyebabkan banyak orang meninggal dan luka-luka. Biasanya itu hanya terjadi di negara-negara berkembang, dunia ke tiga. Hal yang dianggap mustahil, ‘insurrection’ terjadi setelah pidato-pidato dari Trump dan lingkaran terdekatnya di White House.

Inilah sebuah pelajaran bahwa demokrasi itu bisa sakit dan mati bila tidak dijaga.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA