Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

5 Cara yang Bisa Ditempuh Agar Allah SWT Jauhkan Malapetaka

Kamis 21 Jan 2021 15:37 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat 5 cara Allah SWT jauhkan Muslim dari malapetaka, Ilustrasi musibah erupsi,

Terdapat 5 cara Allah SWT jauhkan Muslim dari malapetaka, Ilustrasi musibah erupsi,

Foto: Antara/Irsan Mulyadi
Terdapat 5 cara Allah SWT jauhkan Muslim dari malapetaka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Allah SWT menjadikan malapetaka bagi manusia sebagai obat penawar atas dosa-dosa yang telah dilakukan mereka. Orang beriman menyadari, bala yang datang adalah berkah baginya sehingga bisa tetap bersyukur dan bersabar.

Dilansir dari laman Mawdoo, disebutkan bahwa ada lima cara agar penderitaan yang dialami umat Islam diangkat Allah SWT. 

Pertama, bertakwa kepada Allah SWT, yang maksudnya adalah seorang Muslim haruslah menjalankan apa yang diperintah Allah SWT. Ketaatan ini dilakukan dalam kondisi apapun termasuk saat sedang mengalami kesusahan. 

Baca Juga

Seorang Muslim percaya bahwa apa yang menimpa dirinya sudah ditetapkan oleh Allah SWT, dia juga meyakini, ketaatan kepada Allah SWT akan membawanya pada jalan keluar dari suatu masalah. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ath-Thalaq ayat 2-3, sebagai berikut:

وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا*وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

"Siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA