Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Android 12 Bakal Miliki Fitur Berbagi Password Wi-Fi

Kamis 21 Jan 2021 15:43 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Sistem android. Ilustrasi

Sistem android. Ilustrasi

Foto: Ubergizmo
Berbagi kata sandi akan diintegrasikan dalam fitur Nearby Share.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA—Android 12 belum akan muncul terlalu dekat. Namun, berbagai informasi yang beredar belakangan ini bisa memberi tahu potongan-potongan tentang apa yang bisa diharapkan dari OS masa depan ini. Misalnya, fitur baru dari kata sandi Wi-Fi.

Dilansir dari GSMArena, Kamis (21/1), saat pengguna Android 10 ke atas dapat membagikan kata sandi Wi-Fi menggunakan kode QR yang dihasilkan. Dengan Android 12, pengguna bahkan tidak perlu melakukan itu. Berbagi kata sandi akan diintegrasikan dalam fitur Nearby Share, yang memungkinkan pengguna mengirimkannya ke perangkat terpercaya dengan lancar.

Namun, agar Nearby Share berfungsi, pengguna mungkin perlu memiliki kedua perangkat yang menggunakan Android 12. Belum diketahui jenis protokol yang akan digunakan sistem.

Sebelumnya, tim di Android Open Source Project sedang mengerjakan fitur yang disebut “hibernation”. Fitur ini akan mengurangi jejak memori aplikasi yang tidak digunakan oleh pengguna ponsel Android.

Fitur hibernation ini masih dalam tahap awal pengembangan. Kemungkinan, akan disertakan dalam Android 12. Belum ada tanggal rilis resmi, tetapi Developer Preview of Android 11 keluar pada Februari 2020.

Hibernation adalah jika satu pengguna dari perangkat multi-pengguna memilih untuk menghibernasi aplikasi, cache aplikasi yang terkait dengan pengguna tersebut akan dihapus dan mengosongkan sedikit ruang. Hal tersebut sudah diterapkan.

Dari nama fiturnya, sepertinya aplikasi tidak akan dihapus secara permanen, tetapi mungkin ada cara untuk mengompresnya untuk menghemat ruang (bersama dengan pembersihan cache biasa). Catatannya, fitur hibernation ini tampaknya sama sekali tidak terkait (selain namanya) dengan fungsi hibernasi yang ditawarkan oleh beberapa aplikasi dan modul Xposed, yang menjeda eksekusi aplikasi yang mirip dengan status istirahatkan di bawaan Android.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA