Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Indonesia Berharap Joe Biden Positif untuk Palestina

Kamis 21 Jan 2021 14:20 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini

Presiden AS Joe Biden

Presiden AS Joe Biden

Foto: AP/Evan Vucci
Indonesia mengharapkan AS dapat menjadi motor terciptanya dunia yang lebih damai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia menyampaikan selamat atas dilantiknya Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris, Kamis (21/1). Indonesia memiliki sejumlah harapan untuk pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Biden, termasuk soal Palestina.

"Selamat atas pelantikan Presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden Amerika Kamala Harris yang baru," ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (21/1).

Presiden Joko Widodo juga telah mengucapkan selamat kepada presiden ke-46 AS terpilih dan wakilnya, Harris, melalui akun resmi Twitter Presiden RI. Dengan adanya pemerintahan baru AS, sebagaimana negara lain di dunia, Indonesia memiliki harapan besar.

Baca Juga

Harapan kemudian semakin besar saat dunia menghadapi gejolak untuk menata perdamaian dan stabilitas dunia di tengah menajamnya rivalitas di antara negara-negara besar. Indonesia dalam hal ini mengharapkan komitmen AS terhadap pemeliharaan perdamaian, termasuk soal isu Palestina.

"Indonesia mengharapkan kontribusi positif Amerika terhadap penyelesaian isu Palestina-Israel yang berkeadilan sesuai dengan berbagai resolusi PBB maupun parameter internasional yang disepakati," ujar Menlu Retno.

Secara tegas, Indonesia merujuk pada solusi dua negara pada konflik Palestina dan Israel. Di tengah makin rentannya perdamaian dan stabilitas dunia, Indonesia mengharapkan AS dapat menjadi motor terciptanya dunia yang lebih aman, damai, dan stabil.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA