Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Perayaan Meriah di Desa India Asal Leluhur Kamala Haris

Kamis 21 Jan 2021 12:28 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini

Wakil Presiden AS Kamala Harris dalam pelantikan presiden di Capitol, Washington DC, Rabu (20/1) waktu setempat.

Wakil Presiden AS Kamala Harris dalam pelantikan presiden di Capitol, Washington DC, Rabu (20/1) waktu setempat.

Foto: epa08953535 Vice President-elect Kamala Harr
Kamala Harris sebagai wapres perempuan pertama AS dirayakan di desa kakeknya

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Kamala Harris membuat tonggak sejarah sebagai wakil presiden perempuan dan kulit berwarna pertama Amerika Serikat (AS) di hari pelantikannya, Rabu (20/1) waktu setempat. Sambutan bagi Harris tak hanya di Amerika, sebuah desa kecil tempat kelahiran kakeknya di India, turut merayakan hari pelantikan presiden-wapres AS dengan doa dan kemeriahan kembang api.

Harris (56 tahun) adalah putri imigran India dan Jamaika. Kakek dari pihak ibu Harris lahir di desa Thulasendrapuram, sekitar 215 mil dari Chennai di negara bagian Tamil Nadu, India selatan lebih dari 100 tahun yang lalu.

Baca Juga

Associated Press melaporkan, sekelompok perempuan di Chennai merayakan pelantikan Harris. Mereka mengenakan pakaian sari yang cerah, sementara para pria mengenakan celana dhoti putih atau sejenis sarung yang dikenakan oleh pria India.

Melansir CNBC, mereka menyaksikan pelantikan Harris secara langsung di Thulasendrapuram. Para penduduk desa kemudian menggemakan "Hidup Kamala Harris". Mereka memegang foto-foto Harris dan menyalakan kembang api saat Harris disumpah oleh Hakim Sonia Sotomayor.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA