Kamis 21 Jan 2021 11:05 WIB

Waspada, Ini Tanda Anak Alami Gangguan Kecemasan Pandemi

Perubahan di masa pandemi memicu peningkatan kasus kecemasan di kalangan anak.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Perubahan di masa pandemi memicu peningkatan kasus kecemasan di kalangan anak (Foto: ilustrasi)
Foto: Pixabay
Perubahan di masa pandemi memicu peningkatan kasus kecemasan di kalangan anak (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 membuat anak kerap terpapar oleh cerita menyeramkan dari internet hingga terisolasi dari teman sepermainan. Perubahan di masa pandemi ini turut memicu peningkatan kasus kecemasan di kalangan anak.

"Pada banyak anak (yang mengalami kecemasan), mereka akan mengalami mimpi yang jelas, tidur terganggu, masalah seputar makan, dan lainnya," jelas psikoterapis Noel McDermott saat menyampaikan tanda klasik dari kecemasan, seperti dilansir Metro, Kamis (21/1).

Baca Juga

McDermott mengatakan anak-anak kecil cenderung berupaya menyembunyikan perasaannya ketika merasa cemas. Hal ini mereka lakukan untuk "melindungi" orang tua mereka dari kecemasa yang mereka rasakan.

"Akan tetapi, kondisi itu akan terihat dengan cara lain," tambah McDermott.

Salah satunya terihat ketika anak melakukan permainan pura-pura. Dalam permainan pura-pura tersebut, anak yang memiliki kecemasan biasanya menuangkan kecemasan mereka ke dalam cerita di permainan pura-pura tersebut. Misalnya, memasukkan cerita tentang ayah dan ibu mengalami sakit dan membutuhkan bantuan rumah sakit ke dalam permainan pura-pura mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement