Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

IHSG Menguat Sambut Presiden Baru AS

Kamis 21 Jan 2021 09:43 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya

Karyawan melintas di depan layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ilustrasi

Karyawan melintas di depan layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ilustrasi

Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Pelantikan Presiden AS Joe Biden menjadi sentimen positif bagi pasar saham.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar saham domestik dibuka di zona hijau pada hari ini, Kamis (21/1). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 1,11 persen atau naik 71 poin dan sempat menyentuh level 6.500. 

Indeks saham di Asia dibuka naik setelah indeks saham utama di Wall Street semalam berakhir pada level penutupan tertinggi. Phillip Sekuritas Indonesia melihat pelantikan Presiden AS Joe Biden menjadi sentimen positif bagi pasar saham.

"Penguatan ini didorong oleh harapan bahwa Presiden Joe Biden yang resmi dilantik akan kembali meluncurkan paket stimulus ekonomi untuk mengimbangi kerusakan yang di akibatkan oleh pandemic Covid-19," tulis Phillip Sekuritas Indonesia dalam risetnya, Kamis (21/1). 

Baca Juga

Menurut riset, pemerintahan Joe Biden dipastikan akan mendorong Kongres untuk secepatnya menyetujui rencana stimulus fiskal bernilai hampir 2 triliun dolar AS. Dengan demikian investor merasa optimistis rencana belanja Pemerintah Federal AS dapat membangkitkan denyut aktifitas ekonomi dan profitabilitas korporasi. 

Di hari pertamanya menjabat sebagai Presiden, Joe Biden menandatangani sejumlah Keputusan Presiden (Executive Orders). Mayoritas Keputusan Presiden yang di keluarkan Biden pada intinya membatalkan kebijakan yang diambil oleh Pemerintahan trump. 

Dari sisi makroekonomi, menurut riset, investor hari ini mengantisipasi pengumuman kebijakan moneter oleh Bank of Japan (BOJ), European Central Bank (ECB) dan Bank Indonesia (BI). Phillip Sekuritas Indonesia pun memprediksi IHSG akan menguat terbatas pada hari ini. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA