Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Ini Perkiraan Poin yang Dibutuhkan untuk Juara Liga Inggris

Kamis 21 Jan 2021 08:32 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Bek Manchester City John Stones berebut bola atas dengan para pemain Aston Villa.

Bek Manchester City John Stones berebut bola atas dengan para pemain Aston Villa.

Foto: EPA-EFE/Shaun Botterill /
Jadwal padat menyebabkan banyak pemain cedera.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Saat Liga Primer Inggris sudah memasuki paruh musim dalam situasi yang tidak biasa, muncul anggapan kalau persaingan ketat di puncak klasemen akan terjadi antara Manchester United dan Manchester City. Pandemi Covid-19 memengaruhi semua klub. Jadwal padat menyebabkan banyak pemain cedera. Menjaga konsistensi menjadi sangat sulit.

Setelah musim lalu Liverpool memastikan gelar Liga Inggris dengan keunggulan 18 poin, musim ini diprediksi akan jauh lebih ketat. City mengalahkan Aston Villa 2-0, Kamis (21/1) dini hari WIB, untuk membawa mereka ke puncak klasemen. Namun, hanya dua jam, MU kembali ke peringkat teratas usai mengalahkan Fulham 2-1.

Hasilnya, MU unggul dua poin dari City dan Leicester serta enam poin dari Liverpool yang punya satu pertandingan di tangan melawan Burnley, Jumat (22/1) dini hari WIB. Meski demikian, tak bisa dimungkiri kalau masih ada lima tim yang punya peluang juara, selain Everton yang diam-diam bisa masuk empat besar.

Baca Juga

Pertanyaannya, berapa banyak poin yang dibutuhkan untuk memenangkan trofi Liga Inggris musim ini?

Dikutip dari Manchester Evening News, Kamis (21/1), menggunakan model prediksi FiveThirtyEight yang diperbarui sebelum laga dini hari tadi, Man City akan memenangkan liga dengan mengoleksi 84 poin. Liverpool akan finis di posisi kedua dengan 74 poin. Di peringkat ketiga ada MU yang mendapatkan 73 poin dan keempat Leicester 68 poin.

Skuad asuhan Pep Guardiola punya peluang menang sebesar 73 persen. Terlepas dari sepakat atau tidak, poin yang rendah dari situasi sulit ini bisa dimaklumi. Tahun lalu, Liverpool mengumpulkan 99 poin. Musim sebelumnya, City memenangkan liga dengan 98 poin, hanya selisih satu poin dari Liverpool di peringkat kedua. Musim 2017/18 City memecahkan rekor dengan mengumpulkan 100 poin.

Satu hal yang pasti...

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA