Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Gol City ke Gawang Aston Villa tak Offside, Ini Alasannya

Kamis 21 Jan 2021 06:54 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Selebrasi gelandang Manchester City Bernardo Silva usai menjebol gawang Aston Villa.

Selebrasi gelandang Manchester City Bernardo Silva usai menjebol gawang Aston Villa.

Foto: EPA-EFE/Martin Rickett
Rodri dinggap tak offside karena Tyrone Mings sudah dianggap memainkan bola.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Kemenangan Manchester City 2-0 atas Aston Villa dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Etihad, Kamis (21/1) dini hari WIB memunculkan kontroversi. Gol pertama City yang dicetak oleh Bernardo Silva pada menit ke-79 dianggap lahir dari proses offside. 

Pihak Villa menilai Rodri yang memberikan operan bola kepada Bernardo Silva sudah dalam posisi 10 meter offside. Namun wasit Jonathan Moss yakin mengesahkan gol tersebut tanpa melihat VAR.

Lalu mengapa wasit mengesahkan gol saat Rodri berada jauh dari posisi onside? Komisi Wasit Sepak Bola Inggris, PGMOL (Professional Game Match Official Board) menjelaskan, Rodri memang awalnya berada dalam posisi offside saat bola diarahkan ke pertahanan Villa.

Baca Juga

Namun, Rodri tak lagi offside karena bola dari sundulan pemain City yang mengarah ke gawang Villa sudah ditahan dengan dada oleh Tyrone Mings. Ketika itu terjadi, bola sudah dianggap wasit Jonathan dimainkan. Maka ketika Rodri merebut bola dari Mings, ia tak lagi berstatus offside. Lain halnya jika Mings membiarkan bola dari pemain City bergulir ke gawangnya lalu direbut oleh Rodri.

Menurut aturan, pemain yang berada dalam posisi offside, menerima bola dari lawan yang sengaja memainkan bola, termasuk sengaja melakukan handball, dianggap tidak mengambil keuntungan. "Sesuai aturan, Rodri tidak mengambil keuntungan. Dia tidak offside dan permainan seharusnya dilanjutkan," kata pernyataan PGMOL, dikutip dari Independent.

Rodri merebut bola dari Mings dan memulai serangan yang menghasilkan gol indah dengan tendangan melengkung dari Bernardo Silva. Keputusan ini membuat manajer Aston Villa Dean Smith marah besar di pinggir lapangan. Ia pun sampai mendapatkan dua kartu kuning dan diusir dari pinggir lapangan oleh wasit Jonathan Moss. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA