Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Kisah Anak-Anak Shaleh dalam Surat Maryam

Kamis 21 Jan 2021 05:25 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Kisah Anak-Anak Shaleh dalam Surat Maryam

Foto:
Alquran menawarkan pengalaman spiritual dan pendidikan yang lengkap.

Ada salah satu ayat yang menyebutkan generasi keluarga termasuk Nabi Adam AS, Nabi Nuh AS, Nabi Yaqub AS, dan banyak lainnya. Allah berfirman dalam ayat 58:

اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ اَنْعَمَ اللّٰهُ عَلَيْهِمْ مِّنَ النَّبِيّٖنَ مِنْ ذُرِّيَّةِ اٰدَمَ وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوْحٍۖ وَّمِنْ ذُرِّيَّةِ اِبْرٰهِيْمَ وَاِسْرَاۤءِيْلَ ۖوَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَاۗ اِذَا تُتْلٰى عَلَيْهِمْ اٰيٰتُ الرَّحْمٰنِ خَرُّوْا سُجَّدًا وَّبُكِيًّا

Ulā`ikallażīna an’amallāhu ‘alaihim minan-nabiyyīna min żurriyyati ādama wa mim man ḥamalnā ma’a nụḥiw wa min żurriyyati ibrāhīma wa isrā`īla wa mim man hadainā wajtabainā, iżā tutlā ‘alaihim āyātur-raḥmāni kharrụ sujjadaw wa bukiyyā. 

“Mereka itulah orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu dari (golongan) para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang yang Kami bawa (dalam kapal) bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil (Yakub) dan dari orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pengasih kepada mereka, maka mereka tunduk sujud dan menangis.”

Karena Alquran menawarkan pengalaman spiritual dan pendidikan yang lengkap, kita didorong bersujud ketika membaca ayat ini, di samping 13 ayat lainnya dalam Alquran. Idenya adalah untuk mendapatkan kerinduan dari para panutan yang disebutkan dalam Alquran dan untuk mengikuti teladan mereka dalam menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah dan bersujud kepada-Nya.

Namun, setelah rantai keluarga iman yang terhormat, generasi berikutnya tidak berpegang pada pesan itu. Ini adalah hasil dari mengabaikan doa dan mengikuti godaan setan.

فَخَلَفَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ اَضَاعُوا الصَّلٰوةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوٰتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا ۙ

Fa khalafa mim ba’dihim khalfun aḍā’uṣ-ṣalāta wattaba’usy-syahawāti fa saufa yalqauna gayyā. 

“Kemudian datanglah setelah mereka pengganti yang mengabaikan salat dan mengikuti keinginannya, maka mereka kelak akan tersesat.”

 

https://aboutislam.net/shariah/quran/quranic-reflections/surat-maryam-familys-source-spirituality/

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA