Rabu 20 Jan 2021 22:31 WIB

Jabatan Resmi Berakhir, Trump Tinggalkan Gedung Putih

Trump tidak menghadiri pelantikan Biden.

Donald Trump berbicara sebelum menaiki pesawat Air Force One di Andrews Air Force Base, Md., Rabu, 20 Januari 2021.
Foto: AP / Manuel Balce Ceneta
Donald Trump berbicara sebelum menaiki pesawat Air Force One di Andrews Air Force Base, Md., Rabu, 20 Januari 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Donald Trump mengakhiri jabatan sebagai presiden Amerika Serikat dengan meninggalkan kediaman resminya, Gedung Putih di Washington, DC, beberapa saat sebelum Joe Biden dilantik sebagai presiden ke-46 AS, Rabu (20/1).

Trump meninggalkan Gedung Putih sedikit lewat pukul 08.00 waktu setempat untuk terakhir kalinya dengan helikopter menuju Pangkalan Angkatan Udara Gabungan Andrews. Trump memutus tradisi politik di AS selama lebih dari setengah abad dengan tidak menghadiri pelantikan Biden.

Baca Juga

Tradisi tersebut dipandang sebagai cara untuk menegaskan peralihan kekuasaan secara damai dari presiden lama kepada presiden baru. Biden (78 tahun) akan menjadi presiden tertua dalam sejarah AS.

Pelantikannya terpaksa dilangsungkan di Washington secara jauh lebih sederhana --terutama karena pandemi virus corona, juga karena kekhawatiran atas masalah keamanan usai Gedung Capitol, diserbu massa pendukung Trump pada 6 Januari.

Kekerasan tersebut mendorong Dewan Perwakilan Rakyat AS, yang dikendalikan Demokrat, pekan lalu memakzulkan Trump dan menjadikan presiden dari Partai Republik itu sebagai presiden pertama AS yang dikmazulkan dua kali.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement