Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Cara Membiasakan Makan Sehat Saat WFH

Rabu 20 Jan 2021 22:26 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Biasakan diri minum secara bijak untuk membiasakan menjaga gaya hidup sehat selama WFH (ilustrasi).

Biasakan diri minum secara bijak untuk membiasakan menjaga gaya hidup sehat selama WFH (ilustrasi).

Foto: Sciencealert
Secara teori, mengikuti pola makan sehat seharusnya lebih mudah saat di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pola makan bergizi mendukung sistem kekebalan tubuh. Makanan sehat juga mampu memberi bahan bakar dan menyehatkan tubuh, serta bermanfaat bagi suasana hati dan kesehatan mental.

Secara teori, mengikuti pola makan sehat seharusnya mudah saat Anda berada di rumah. Tidak ada makanan manis kantor yang menggoda dan punya lebih banyak waktu untuk menyiapkan makanan rumahan.

Namun pada kenyataannya, tetap berada di jalur yang benar bisa menjadi tantangan. Dengan lemari es yang hanya berjarak beberapa langkah, terlalu mudah untuk mengatasi kebosanan, menenangkan stres, atau menunda-nunda pekerjaan dengan meraih camilan sepanjang hari.

Berikut ini cara untuk membiasakan makan sehat saat bekerja dari rumah atau work from home (WFH), menurut saran ahli diet Mbali Mapholi, seperti dilansir di laman Iol, baru-baru ini: 

1. Tetapkan rutinitas

Penting untuk menetapkan rutinitas tentang makan sambil bekerja dari rumah. Lakukan seperti yang akan Anda lakukan di kantor dengan mengalokasikan waktu makan dan kudapan yang sesuai.

Patuhi waktu istirahat karena ini terutama akan membantu Anda mengontrol porsi pada waktu makan dan mengurangi kecenderungan merumput sepanjang hari. Saat bekerja dari rumah, Anda dapat merumput sepanjang hari karena dapur dan lemari es mudah dijangkau.

2. Rencanakan dan/atau persiapkan makanan Anda

Pernahkah Anda merasa sangat lapar sehingga Anda bahkan bisa makan apa pun yang diletakkan di depan Anda? Ketika Anda belum merencanakan apa makanan atau kudapan berikutnya, Anda akan mendapati diri Anda makan semua jenis makanan yang tersedia dan biasanya dalam jumlah banyak.

 

3. Pastikan sumber protein yang cukup baik pada waktu makan

Kita sering memprioritaskan sumber karbohidrat tinggi pada saat makan utama (sarapan atau makan siang atau makan malam) dan mengabaikan sumber protein dan sayuran. Semua kelompok makanan memiliki peran penting dalam kesehatan Anda.

Protein membantu rasa kenyang di antara fungsi lainnya. Merasa kenyang lebih lama penting karena mengurangi banyak perjalanan ke lemari es atau dapur untuk mengais camilan.

Jadi, sangat membantu untuk memastikan bahwa makanan utama Anda lengkap dengan semua kelompok makanan dalam jumlah yang tepat dan kualitas yang baik. Makanan khas harus memiliki biji-bijian (sumber karbohidrat), protein tanpa lemak, banyak sayuran dan buah-buahan, dan lemak sehat untuk mengikat semuanya.

4. Jangan kelaparan, beli dengan bijak

Bagi kebanyakan orang, makan sehat tampaknya mahal dan sekarang setelah bekerja dari rumah, mereka bahkan mungkin melewatkan waktu makan untuk menghemat makanan. Jangan takut terhadap makanan kalengan seperti ikan kaleng, kacang-kacangan, dan sayuran kalengan.

 

 

5. Minum dengan bijak

Usahakan untuk minum banyak air sepanjang hari. Hindari asupan tinggi minuman dengan pemanis tambahan dan/atau minuman berkafein. Manfaatkan teh segar buatan rumah yang bebas kafein yang disajikan panas atau dingin, infuse water, herbal, dan minuman rendah gula sepanjang hari.

Kapan pun keinginan untuk pergi ke dapur datang lagi satu jam kemudian, tanyakan pada diri, apakah Anda lapar atau haus. Jika Anda baru saja makan, minumlah air.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA