Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Regulator Eropa Izinkan Boeing 737 MAX Terbang Minggu Depan

Rabu 20 Jan 2021 19:44 WIB

Red: Hiru Muhammad

 Sebuah Boeing 737 Max, atas, taksi menuju gerbang di Bandara Internasional Tampa, Selasa (19/1 2021).

Sebuah Boeing 737 Max, atas, taksi menuju gerbang di Bandara Internasional Tampa, Selasa (19/1 2021).

Foto: AP/Chris Urso/Tampa Bay Times
EASA adalah salah satu regulator besar terakhir yang menyetujui perubahan MAX

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS--Pesawat Boeing 737 MAX akan menerima izin akhir untuk melanjutkan penerbangan di Eropa minggu depan.

Badan Keamanan Penerbangan UE (EASA) adalah salah satu regulator besar terakhir yang menyetujui perubahan pada MAX dan perangkat lunak anti-stall-nya, yang disalahkan atas dua kecelakaan mematikan yang membuat jet itu dilarang terbang pada Maret 2019.

Direktur Eksekutif EASA Patrick Ky menjelaskan, badan Eropa tersebut, yang menerbitkan draf arahan kelaikan udara pada November, telah membuat sebagian besar penyesuaian presentasi setelah konsultasi publik. "Kami berharap bisa mempublikasikannya minggu depan, yang berarti MAX akan diizinkan terbang lagi," kata Ky, Selasa (19/1).

Sertifikasi terpisah dari varian MAX-200 kemungkinan akan menyusul dalam beberapa minggu mendatang. Ini memungkinkan penerbangan untuk dilanjutkan sebelum musim panas. Administrasi Penerbangan Federal (FAA) AS dan otoritas Brasil sama-sama mengesahkan MAX untuk penerbangan pada November. Kanada diharapkan untuk mengikutinya pada hari Rabu.

Setelah kecelakaan itu, EASA bersikeras untuk melakukan peninjauan yang lebih luas dan lebih dalam daripada yang biasanya dilakukan pada jet Boeing di bawah otoritas utama FAA. Presiden Emirates Tim Clark minggu lalu memuji 'garis keras' regulator Eropa karena membantu memulihkan kepercayaan publik pada MAX. 

sumber : reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA